oleh

Puskesmas Lelilef Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Nasionalinfo.com, Halteng – Puskesmas Lelilef Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah menggelar acara lokakarya mini lintas sektor yang bertempat di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Lelilef desa Lelilef Weobulen.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Weda Tengah, M Risky Hasyim sekaligus membuka kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor itu. Turut hadir Kepala UPTD Puskesmas Lelilef, Haruna Muhammad, KTU UPTD Puskesmas Lelilef, Fahria Artika Yudi para Kepala Desa lingkar tambang, para Kepala Sekolah lingkar tambang, serta puluhan warga masyarakat tujuh desa dilingkar tambang Kecamatan Weda Tengah.

Kepala UPTD Puskesmas Lelilef Kecamatan Weda Tengah, Haruna Muhammad saat diwawancarai mengatakan bahwa Lintas Sektor ini adalah program rutin puskesmas yang dalam 1 tahun itu dilaksanakan sebanyak 4 kali sehingga setiap 3 bulan kita melakukan pertemuan lintas sektor.

” tujuan pertemuan hari ini untuk memberikan informasi terkait dengan pelayanan kesehatan dalam 3 bulan triwulan pertama tahun 2020.” ucap Haruna Muhammad.

Lanjut, masyarakat juga bisa memberikan informasi terkait dengan permasalahan kesehatan yang dialami dan tidak tercover oleh Puskesmas dan yang ketiga adalah penyelesaian masalah kesehatan yang ditemukan masyarakat, masalah yang disampaikan oleh Puskesmas kemudian kita diskusikan dalam rangka penyelesaian masalah.

” Untuk triwulan pertama terdapat lima masalah yang disampaikan masyarakat, yang pertama itu ada persalinan diluar fasilitas kesehatan. Sementara indikator kita persalinan itu harus difasilitasi kesehatan,” ungkapnya.

Lokakarya mini ini juga bertujuan untuk memelihara kerjasama lintas sektoral di desa dalam rangka melakukan upaya optimalisasai peran Lintas Sektoral, dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengidentifikasi capaian hasil kegiatan sebelumnya, serta memecahkan masalah-masalah, dan hambatan yang dihadapi oleh lintas sektor pada kegiatan sebelumnya, dengan menganalisa dan memutuskan rencana tindak lanjut dengan memperhatikan masukan-masukan dari masyarakat untuk pelaksanaan program berikutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Gemih Lelilef, Alman Abubakar yang juva hadir dalam acara tersebut. Dimana dirinya sangat mendukung semua kebijakan dan program-program yang telah dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Lelilef Kecamatan Weda Tengah.

” Saya sangat mendukung program dan kebijakan UPTD Puskesmas Lelilef Kecamatan Weda Tengah, guna menyelesaikan permasalahan dibidang kesehatan guna kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” pungkas Alman.

Laporan : Lamagi La Ode

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed