oleh

Berburu Emas Di Kecamatan Tanggetada Kolaka Di Tengah Pandemi Covid-19

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Di tengah himpitnya perekonomian yang melanda warga akibat Pandemi Covid-19, sebagian warga Kecamatan Tanggetada berburu emas ( mendulang ) di sungai Landaka dusun IV kampung Maros perbatasan desa Pewisoa Jaya dan Desa Popalia Kecamatan Tanggetada.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, para awak media harus melewati jalan yang cukup extrim menyeberangi 4 sungai dengan jarak tempuh sekitar 11 KM dari pusat Kecamatan Tanggetada.

Sesampai di lokasi tujuan tampak beberapa warga Kecamatan Tanggetada sedang asyik mendulang emas di pinggir sungai secara manual, bahkan ada yang menggunakan mesin alcon ( mesin penyedot ).

Ketgam : Serbuk emas yang berhasil di dapatkan warga

Sarifuddin salah satu pendulang yang merupakan warga Desa Pewisua Jaya saat di temui di lokasi mengatakan jika dirinya sudah 1 bulan melakukan aktifas mendulang emas.

” Sejak bulan puasa saya di sini, alhamdulillah setiap hari kami dapat 3 kaca,” ucap Sarifuddin. Sabtu, 6/6/2020.

Menurutnya, dirinya terpaksa harus mendulang akibat himpitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu Adnan warga Kecamatan Watubangga juga menuturkan bahwa setiap hari dirinya hanya mendapatkan serbuk emas sekitar 3 – 4 kaca.

” Setiap hari paling kita dapat 3 – 4 kaca, itupun untuk biaya hidup sehari – hari. Alat yang kami gunakan masih manual,” ucapnya.

Dari hasil penelusuran media ini, beberapa warga yang sempat di temui lokasi mengatakan bahwa ada sebagian warga yang mendapatkan 3 – 7 gram dalam sehari.

” Ada pak pernah dapat 3 – 7 gram dalam satu hari. Cuma mereka tidak mau bilang karena takut lahannya di ganggu,” ungkap Salah satu warga isial J.

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed