oleh

Kunjungi Pulau Terbanyak Menggunakan Jetsky, Kapolda Maluku Terima Piagam Rekor Dunia Dari MURI

Nasionalinfo.Com, Maluku – Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam rekor dunia kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM karena prestasinya mengunjungi pulau terbanyak dan terjauh dengan mengendarai Jetsky.

Manager Operasional MURI Andre Purwandono SS menyerahkan langsung penghargaan tersebut dihadapan Forkopimda Maluku pada saat acara malam pergantian tahun 2019 ke 2020 di Lapangan Merdeka Ambon. Selasa 31/12/19.

Hadir dalam acara malam pergantian tahun dan penyerahan rekor MURI tersebut Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Pangdam XVInPatimura Mayjen TNInDr. Marga Taufiq, Danlantamal IX Ambon Laksma TNI Budi Purwanto, Kabinda Maluku, Pejabat TNI Polri, Pemprov dan masyarakat Ambon yang hadir menikmati malam pergantian tahun.

Andre Purwandono dari MURI menyatakan, MURI sudah melakukan verifikasi data baik di MURI sendiri maupun data rekor dunia, sampai saat ini belum ada yang menyamai rekor tersebut sehingga apa yang dilakukan Kapolda Maluku layak diberikan penghargaan rekor dunia. Selain dari MURI, prestasi Kapolda Maluku tersebut juga mendapat penghargaan dari Pemkot Ambon yang diserahkan oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail pada momen malam pergantian tahun tersebut.

Kabidhumas Polda Maluku Kombes Pol Drs. Mohamad Rum Ohoirat kepada Media menjelaskan, penghargaan yang diberikan MURI tersebut terkait Patroli Sambang Pulau terluar ddan terpencil yang dilakukan Kapolda Maluku yang dimulai tanggal 25 Nop sd tgl 2 Desember 2019.

” Saat itu Bapak Kapolda melakukan patroli dengan Jetsky dari Ambon kemudian ke pulau Banda, Pulau Kur, pulau Dula (kota Tual), pulau Larat, Pulau Yamdena (Saumlaki), pulau Babar, pulau Moa, pulau Wetar, Lirang, hingga ke pulau Atauru yang merupakan wilayah negara Timor Timur. Total jarak yang ditempuh 1300 Nautika Mile atau hampir sama dengan 2408 Km. Jarak tersebut bila datarik garis lurus hampir sama dengan jarak dari Ambon ke Jakarta. Bapak Kapolda yang nyetir sendiri jetsky menempuh jarak tersebut tanpa diganti oleh orang lain “, ungkap Rom Ohoirat

Menurutnya, Tujuan Kapolda melakukan patroli tersebut adalah untuk melihat secara langsung keadaan masyarakat, anggota Polri yang sedang tugas di pulaupulau tersebut serta situasi keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan NKRI serta wujud kecintaan Bpk Kapolda kepada propinsi Maluku yang 93 % luasnya merupakan wilayah laut.

Lebih lanjut juru bicara Polda Maluku ini menyatakan, Kapolda tidak menyangka bahwa apa yang dilakukan tersebut akan tercatat dalam rekor dunia, karena apa yang dilakukan semata mata adalah panggilan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan Polri di Maluku namun demikian Kapolda mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Laporan : Redaksi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed