oleh

Tren Gangguan, Mapolres Kolaka Gelar Press Release Conference Akhir Tahun 2019

Nasionalinfo.com,Kolaka – Bertempat di ruang Aula Kemitraan Polres Kolaka, pada Selasa, (31/12/2019) Kapolres Kolaka, AKBP Saiful Mustofa, S.I.K., M.Si didampingi para pejabat utama Polres Kolaka diantaranya, Kabag Ops Polres Kolaka AKP Irwan Tahir, SE, M.Si, Kabag Ren Polres Kolaka Kompol Taufiq Syaiful Bahri, Para Kasat dan beberapa Pejabat Utama Polres Kolaka melaksanakan press Comprence Situasi Kamtibmas Polres Kolaka Tahun 2019.

Dalam paparannya, Kapolres menyampaikan sejumlah tren gangguan kamtibmas yang terjadi per tahun 2018 dan 2019 dalam wilayah hukum Polres Kolaka yang secara umum terjadi kesamaan jumlah tindak pidana (JTP) sebanyak 337 kasus. Namun ada angka kenaikan pengungkapan pada kasus narkotika sekitar 13.04%. Sementara pada kasus laka lantas terjadi kenaikan jumlah korban sekatar 52.37% sedang jumlah gar lantas sekitar 37.37%, dan disisi lain terdapat 10 kejahatan konvensional tertinggi pada tahun 2018 dengan jumlah 252 JTP dan mengalami penurunan pada tahun 2019 dengan jumlah 240 JTP dengan nilai rata-rata 4.76%. serta data unjuk rasa (unras) mengalami penurunan dengan nilai rata-rata 9,52%.

Tahun 2018 korban meninggal dunia pada kasus laka lantas berjumlah 354 orang, pada tahun 2019 terdapat penurunan jumlah korban meninggal dunia dari 354 menjad 31 orang. Akan tetapi Kapolres mengakui jika di wilayahnya kekerasan terhadap anak dan perempuan masih tinggi.

” Untuk itu Polres Kolaka melaksanakan kegiatan intelijen baik berupa kegiatan penyelidikan, pengamanan, penggalangan dengan langkah-langkah deteksi, identifikasi serta penilaian guna mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan bersama. Namun kami sadari bahwa polisi tidak bisa bekerja sendiri dalam menekan peristiwa kejahatan yang mengakibatkan korban,” ungkapnya.

Kapolres Kolaka Akbp Saiful Mustofa juha menghimbau agar masyarakat untuk tetap menjauhi perbuatan yang menjurus pada pelanggaran aturan.

“Kita berharap, kepada masyarakat untuk tetap menjauhi perbuatan yang menjurus pada pelanggaran aturan. Jadilah polisi untuk diri sendiri agar kita bisa selalu menjaga wilayah hukum polres Kolaka Tetap kondusif,” tutur Akbp Saiful Mustofa.

Laporan : Hamdan

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed