oleh

Dinas Pertanian Buru Bersama Petani Desa Debowae Bangun DAM Parit

Nasionalinfo.Com, Buru – Dalam mewujudkan ketersedian pangan dan pencapaian swasembada pangan yang berkelanjutan khususnya tanaman pangan ( padi ) perlu adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Dinas pertanian Pemkab Buru perlu konsep untuk memenuhi ketersedian sarana dan prasarana pertanian tersebut.

Salah satu bukti kongkrit yakni pada tahun 2018 yang lalu telah dibangun 1 buah Dam Parit oleh kelompok tani ” MEKAR SARI Desa Debowae dan pembangunan ke-2 oleh kelompok tani ” TANI BARU dengan pemakaian Dana Angaran Khusus ( DAK ) TA 2019.

Salah satu fungsi Dam Parit adalah meningkatkan cadangan air tanah dan suflai air dimusim kemarau serta dapat menaikan permukaan air menuju petak – petak sawah yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani ” TANI BARU ” Desa Debowae Kecamatan Waelata.

Dengan pola swakelola pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana kelompok tani ” TANI BARU ” dalam usaha tani padi sawah, juga mampu menyerap tenaga kerja anggota kelompok itu sendiri kemudian pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Ketua kelompok tani ” TANI BARU ” Tri Rahyono saat dikonfrmasi awak media mengucapkan, terima kasih PEMDA KAB BURU lewat DINAS PERTANIAN atas bantuan pembangunan Dam Parit yang sudah diberikan buat masyarakat petani petani khususnya kelompok tani ” TANI BARU ” melalui Dana Alokasi Khusus ( DAK) TA 2019.

” Dengan adanya Dam Parit tersebut kami sudah bisa dapat mengolah lahan – lahan persawahan kami dengan baik, tanpa harus mempergunakan fasilitas – fasilitas yang lainnya “, ucap Tri Rahyono

Lanjut Kata Tri Rahyono, Semoga dengan pembangunan Dam Parit ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani sehingga berdampak pada peningkatan produksi padi sawah yang otomatis dan juga dapat meningkatkan pendapatan petani itu sendiri.

Tak lupa kami Pemdes Debowae Kec – waelata Kab – Buru mengucapkan terima kasih kepada Bupati Buru Bpk RAMLY UMASUGI , S,Pi , MM. Wakil Bupati Buru Bpk AMUSTHOPA BESAN, SH , Ketua DPRD Kab Buru Bpk M RUM SOPLESTUNI, SE, kadis Pertanian Kab Buru Bpk SAHRUL WAHYU, SP MM. dan PPL Desa Debowae Bpk RUSIMIN beserta seluruh stocholder yang telah membantu demi terlaksananya program pembangunan Dam Parit didesa Debowae tambah Ibu SUPARNI pjs Kades setempat.

 

Laporan : Jhon K

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed