oleh

Warga Minta Pemkab Halteng Uji Lab Ikan Yang Mati Di Teluk Weda

Nasionalinfo.Com Halteng – Terkait dengan matinya ratusan ekor ikan di perairan pelabuhan laut teluk weda Sabtu, (14/3/20) sore kemarin, warga mendesak kepada Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Pemkab Halteng untuk mengambil langkah sebelum terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

Warga mendesak agar matinya ratusan ikan itu dapat diperiksa di Laboratorium untuk memastikan ikan yang mati masih dapat dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak.

” Ratusan ikan mati itu diambil dan diuji di Water Laboraturium Nusantara (WLN) di Manado untuk diketahui penyebabnya agar tidak meresahkan masyarakat,” ungkap Hi Suud salah satu masyarakat Kota Weda. Minggu, 15/3/2020.

Hi Suud mengatakan, ikan-ikan itu harus diperiksa dan diteliti kemudian hasil penelitian disampaikan kepada masyarakat. Karena saat ini ada keraguan masyarakat terkait matinya ratusan ikan di perairan pelabuhan laut teluk weda. Sebab, informasinya, kejadian yang sama pernah terjadi di Pulau Makean.

” Pemkab Halteng harus serius terhadap masalah ini, agar kita mengetahui ikan -ikan hasil pancingan masyarakat itu masih layak dikonsumsi atau tidak. Jangan sampai warga sudah keracunan akibat ikan baru ambil langkah, ini yang keliru,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Perikanan Pemkab Halteng, Nurlela Samad saat dikonfirmasi via sambungan telpon Minggu, (15/3/20) siang tadi kepada awak media mengatakan terkait dengan matinya ratusan ekor ikan di perairan pelabuhan laut teluk weda, dirinya meminta agar untuk sementara warga diminta untuk tidak mengkonsumsi ikan pancingan di perairan pelabuhan laut teluk weda.

” Untuk sementara jangan dulu mengkonsumsi hasil tangkapan ikan di perairan teluk weda, dihimbau kepada warga untuk mengantisipasi sebelum hasil uji sample air dan ikan di perairan itu keluar,” pintahnya.

Kini pihaknya bersama Polairud Marnit Weda sedang mengumpulkan sample untuk di kirim ke Lab guna dilakukan peneletian.

” Bagi warga yang memancing ikan mendingan tidak di lokasi yang terjadi matinya ratusan ekor ikan. Mancing ikan diluar lokasi itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ungkapnya.

 

Laporan : Lamagi La Ode

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed