oleh

Kapolda Maluku Pimpin Pengukuhan Polresta Ambon

Nasionalinfo.Com, Maluku – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa M.M memimpin upacara pengukuhan Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease. Pengukuhan itu ditandai dengan peresmian papan nama Polresta. Kegiatan tersebut berlangsung Mapolresta, Senin (18/11/2019).

Kenaikan Polres menjadi Polresta itu, berdasarkan Keputusan Menpan RB Nomor : D/849/M.KT.01/2019, tertanggal 18 September 2019, serta Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1898/X/2019/tertanggal 2 Oktober 2019

Kapolda menegaskan, dengan naiknya tipe Polres menjadi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini, maka personil Polri harus naik dalam segala hal termasuk dari segi pelayanan.

“Dengan melihat kebijakan prioritas Kapolri, maka kenaikan tipe Polres menjadi Polresta merupakan bagian dari program penataan kelembagaan. Jadi naik tipe dari Polres biasa menjadi Polres Kota. Namanya Polresta. Semua anggota ini harus berfikir seperti orang kota, bukan orang kampung lagi,”kata Kapolda dalam sambutannya.

Mantan kakorlantas Polri itu mengatakan, naikannya tipe Polres ini, maka personil yang berada di pulau Lease, baik Nusalaut, Haruku, dan Saparua, merupakan personil yang berpikir tentang ke-kotaan, artinya berpikir harus lebih tinggi dari sebelumnya.

“Kapolresnya naik pangkat jadi Kombes. Tapi sayang Kapolres Hadi belum saatnya naik pangkat jadi pergi-pergi dulu bertapa di Kalimantan Utara, entah berapa lama, tapi nanti kalau mau kembali lagi, boleh,” kata Royke sambil guyon.

Jenderal dua bintang ini menambahkan, selain Kapolres, dan Wakapolres, juga para Kabag dan para Kasat juga naik pangkat.

“Termasuk jumlah personil akan bertambah, jumlah peralatannya juga naik. Jadi tidak hanya tipe saja yang naik tapi kemampuan kedinasan juga tentu. Itu yang kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk Polres Kota ini,”tuturnya.

Bukan saja soal pangkat, mantan Kapolres Papua Barat itu menegaskan, pelayanan juga dengan sendiri akan naik.
“Semua pelayanan termasuk Kamtibmas harus lebih ditingkatkan dari sebelumnya. Pelayanan SIM, pelayanan personil Lantas di jalan harus juga ditingkatkan,”ujarnya.

Alumnus Akpol 1987 ini meminta, setiap personel harus semangat dalam pelayanan, dengan mengedepankan senyum, sapa dan salam kepada masyarakat, agar lebih ditingkatkan sesuai tipe Polres saat ini.

“Harus ikhlas mengatur lalu lintas. Tiada tempat di muka bumi ini yang macet. Tiada tempat di sudut, lorong Ambon ini yang rawan kamtibmas. Kemudian di mana-mana harus ada polisi. Tapi polisi yang bersahabat. Jangan sampai orang takut semua. Jangan jadi polisi yang minta-minta,”imbuhnya.

Diakhir sambutan, orang nomor satu di Polda Maluku memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Ambon atas kinerjanya selama ini.

“Saya berterimah kasih kepada pak Hadi (AKBP Sutrisno Hadi Santoso) atas kinerjanya selama ini hingga terbentuk Polresta Kota Ambon, tanpa kerja keras, semuanya tidak akan seperti ini,”tandas jenderal Royke.

Laporan : Sumber Humas Polda Maluku

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed