oleh

Pastikan Sembako Aman, Kapolda Maluku dan Tim Kunjungi Pasar Mardika

Nasionalinfo.Com, Maluku – Untuk memastikan ketersedian kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Natal 25 Desemeber mendatang, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Royke Lumowa, M.M bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, serta instansi terkait termasuk Satuan tugas (Satgas)Pangan Provinsi Maluku, mengunjungi pasar Mardika, Kota Ambon. Kunjungan Kapolda sekaligus memantau ketersedian dan harga sembako dipasar terbesar di Maluku ini.

Sebelum mengunjungi pasar Mardika, Kapolda lebih awal memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka operasi lilin 2019 dan pengamanan Tahun 2020, yang
berlangsung di aula Rupattama Polda Maluku.

Kapolda mengatakan, kunjungan ke pasar Mardika untuk memastikan ketersedian stok dan harga sembako, merupakan tindaklanjut dari hasil Rakor lintas sektoral tersebut, dalam rangka mengantisipasi pengamanan, natal dan tahun baru.

“Sebelum kita kesini (Pasar Mardika) tadi kita melaksanakan Rakor lintas sektoral, untuk bahas persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, termasuk ketersedian sembako, dan bagaimana mempertahankan kestabilan harganya sampai hari H-nya nanti,” jelas kapolda kepada wartawan dikawasan pasar Mardika, Selasa (10/12/2019).

Menurut Kapolda, dari hasil pantauan dilokasi pasar Mardika, stok sembako dipastikan aman.

“Kita sudah melihat secara sampling yakni telor, gula, beras, terigu, minyak goreng, cabai, tomat, bawang, sayur, daging baik ayam khususnya ayam potong, maupun sapi dan sebagainya semua masih dalam kondisi stabil, begitu pula dengan harga-harganya tidak ada kenaikan. Semoga ini terus bertahan hingga Februari 2020 nanti,”tutur Kapolda.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengaku, selain peninjauan pasar, dalam Rakor lintas sektoral itu juga para intansi terkait sudah melakukan paparan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab mereka.

“Selain penyedian stok, dan harga sembako, persiapan sarana transportasi baik laut dan udara semuanya siap, termasuk pelaksanaan mudik gratis. Kemudian situasi dan kondisi keamanan juga terus terjaga, khususnya perkalahian kelompok, pencurian, terorisme, petasan, dan lain-lain semuanya juga dipastikan kondusif,” papar orang nomor satu di Polda Maluku itu.

Jenderal dua bintang memastikan, perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020 di Maluku, akan berlangsung aman. Hal itu terlihat dari kesiapan seluruh instansi tersebut. Baik TNI/POlri, Dinas Perindag, Balai POM, Satgas Pangan, Dinas Perhubungan, Pelni, ASDP, BMKG, PLN, dan sebagainya.

“Seluruhnya baik, termasuk kondisi iklim dan cuaca di wilayah Maluku, sangat aman sepanjang Desember ini,”kata Kapolda.

Kapolda menegaskan, pihaknya akan melakukan razia petasan, karena petasan dapat mengganggung situasi dan kondisi keamanan.

“Tahun lalu (2018) lihat (petasan) sudah bagus tidak ada, pas malam Natal dan Tahun Baru adalagi, kita lihat yang besar-besar. Kita antisipasi ini (petasan) khususnya di daerah-daerah Batu Gajah, Kudamati, Bentas, Karpan, Ahuru, Bentas, Passo dan lain-lain, akan kita razia (petasan) biar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan warga,”tandas jenderal dua ini

Laporan : Redaksi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed