oleh

USN & Desa Palewai Sosialiasi Sistem Informasi Desa ” SIDPAWAI V.1.0 “

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Ketua Pengabdian Masyarakat dan Dosen Fakultas Sistem Tekhnology Informasi Universitas Negeri (USN) 19 November Kolaka, mengadakan Sosialisasi Implementasi Sistem Informasi Desa Palewai (SIDPAWAI V.1.0), Jumat (03/09/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Dosen Fak tekhnology informasi, Suharsono Lanting, serta beberapa Dosen dan Mahasiswa (i) yang turut memmbantu terealisasinya Sosialisasi ini, dilaksanakan di kantor Desa dengan mengundang seluruh perangkat Desa beserta Masyarakat Desa Palewai.

Tujuan penyelenggaraan sosialisasi ini untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang tata kelola penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang berdaya serta mendapatkan informasi dan aspirasi dari seluruh stakeholder guna merumuskan peta jalan, konsultasi surat-surat serta informasi terkait kegiatan-kegiatan yang terangkum dalam SID di Desa Palewai pada khususnya. Dengan SID, Pemerintah diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik pada level desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Palewai H. Basri menuturkan bahwa pelaksanaan SID di desa Palewai ini sudah sesuai berdasarkan mandat peraturan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, tentang implementasi sistem informasi Desa (SID) yang kemudia kami sebut sebagai SIDPAWAI atau sistem informasi desa Palewai. Hal ini sangat mendukung kemajuan desa ditengah masa pandemi saat ini, dimana masyarakat tatap akan mendapatkan informasi dan pelayanan dari pemerintah lewat akses Website Desa meskipun mereka tidak keluar rumah selama covid-19.

“Pelaksanaan SIDPAWAI ini sangat mendukung kemajuan desa ditengah masa Pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat dapat mengakses informasi serta mendapatkan pelayanan dari pemerintah Desa, melalui ling website desa.” tutur H. Basri

Ketgam : Kepala Desa Palewai, H. Basri saat memberikan bantuan BLT tahap 9 kepada warganya

Hal senada disampaikan oleh Suharsono Lanting, selaku Dosen di fakultas tekhnology informasi USN 19 November Kolaka, dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Palewai atas kemauannya yang besar untuk mengadakan pelayanan dan akses kepada masyarakat dalam bentuk SID yang dapat diakses melalui website desa, di http://desapalewai.id.

“Kami sangat mengapreasiasi atas kemauan yang besar dari kepala desa Palewai untuk mengimplementasikan SID yang mana kemudian masyarakat dapat mengaksesnya melalui website desa di http://desapalewai.id.” Jelas Suharsono

Suharsono juga menambahkan bahwa, dalam penelitiannya selama ini bahwa penerapan sistem informasi desa ini baru desa Palewai yang menerapakannya disepajang wilayah Kolaka bagian selatan dengan sistem website tersendiri khusus desa Palewai.

“Dalam penelitian kami, bahwa Sepanjang wilayah Kolaka bagian selatan Penerapan SID ini pertama kali baru desa Palewai yang menerapkannya melalui sistem website desa, khususnya desa Palewai.” Ungkap Suharsono
Sebagai acara penutup dalam kegiatan tersebut pemdes Palewai juga langsung merealisasikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) tahap 9 yang mana hal itu dibagikan langsung kepada masing-masing penerima manfaat.

Laporan : Hamdan

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed