oleh

Survey IIR&C : 53,52% Masyarakat Kolaka Timur Pilih SBM

Nasionalinfo.Com, Kendari –¬†Lembaga Survey Insight Institute R & C kembali merilis hasil Survey Preferensi Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur Terhadap Isu Pilkada Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2020, 53,52% masyarakat memilih pasangan calon Bupati yang berakronim SBM.

Berdasarkan rilis Lembaga Survey Insight Institute R & C, survey dilaksanakan pada reniang tanggal 18 – 28 November 2020, dengan jumlah responden 1200 yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Kotaka Timur, dengan margin of error sebesar 2,9 % pada tingkat kepercayaan 95 % dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Klaster survey ini menjangkau 120 desa/kelurahan di kabupaten Kolaka Timur dari 133 desa yang ada.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan kuisioner kepada responden terpilih yang dipilih secara acak. setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap 1 desa/kelurahan terpilih dengan komposisi gender responden terbagi secara proporsional (5 laki laki & 5 perempuan).

Foto : Direktur / Peneliti Utama lembaga Survey Insight Institute R&C, Rian Pratama

” Sementara untuk konfirmasi dan validasi data dilakukan melalui spot chek dan cross chek via telepon. Survey bertujuan untuk mengetahui preferensi masyarakat terkait pelaksanaan pilkada di kabupaten Kotaka Timur tahun 2020,” ucap Rian Pratama selaku Direktur / Peneliti Utama dalam press releasenya.

Lanjut, Dari hasil survey ditemukan, preferensi masyarakat pada tingkat keterpilihan para kandidat pasangan calon yang bertarung di kabupaten Kolaka Timur tahun 2020, sebanyak 45,10 % Responden memiliki preferensi memilih pasangan Tony Herbiansyah Baharuddin, 53, 52 % responden memiliki preferensi memilih pasangan Samsul Bahri Madjid-A. Merya Nur, dan 1,38 % responden tidak memberikan jawaban.

Selain itu, Sebanyak 71.54 % responden menyatakan telah merasa mantap dengan pilihannya dan sebanyak 26,83 % responden menyatakan kemungkinan pilihan masih bisa berubah.

Untuk informasi pelaksanaan pilkada Kabupaten Kolaka Timur tahun 2020, semua responden menyatakan mengetahui informasi akan dilaksanakannya pilkada di Kolaka Timur pada 9 Desember mendatang, dan juga menyatakan akan berpartisipasi pada pilkada tahun ini.

Pada survey ini, juga menyorot tentang isu Money Politik. Dari hasit survey ditemukan sebanyak 74% responden menyatakan tidak terpengaruh dengan money politik, 9,3% menyatakan money politik akan mempengaruhi pilihannya dan 16.74% tidak memberi jawaban.

” Jika tidak ada perubahan peta politik secara signifikan, kemungkinan besar pasangan Samsul Bahri Madjid A. Merya Nur akan unggul pada Pilkada Kabupaten Kolaka Timur 2020,” tutup Direktur / Peneliti Utama, Rian Pratama.

Laporan : Tim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed