oleh

Ryanto Sarira Terpilih Ketua Umum KST Kolaka Utara Periode 2020 – 2025

Nasionalinfo.Com, Kolaka Utara – Ryanto Sarira terpilih sebagai Ketua Umum Kombangan Sang Torayaan secara aklamasi yang di laksanakan di Aula Hotel Utama Jalan Trans Sulawesi, Kolaka Utara.

Selain pemilihan Ketua dan pembentukan Organisasi Masyarakat, KST juga melaksanakan Musyawarah Besar yang di hadiri Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar, Ketua DPRD Buhari, Pengurus Lembaga Adat Tolaki, Kepala OPD dan Perwakilan KST setiap Desa Se Kabupaten Kolaka Utara.

Ketua Panitia Mubes KST Kolaka Utara, Basman mengatakan tujuan pembentukan KST tersebut sebagai wadah berhimpunan bagi suku atau masyarakat yang berasal dari kabupaten Toraja yang berada di kolut guna mempererat silaturahmi dan menjaga persaudaraan agar lebih erat.

Kata dia, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengusung tema ” Sang Rodoan Tinting Sang Tiribakan Pajo – pajo, atau Satu Kesatuan Peran Kombongan dalam peran masyarakat tanah toraja”

” Alhamdullah pembetukan KST ini bisa terlaksana dan berjalan lancar,” kata Basman. Sabtu (8/8/2020).

Dikatakanya, untuk proses pemilihan ketua di musyawarah tersebut pihaknya tidak melalui voting suara, namun di serahkan kepada seluruh calon untuk berunding sehingga di sepakatilah, Rianto Sarira sebagai ketua, sekertaris Kanna dan Bendahara Pahri untuk masa jabatan 2020-2025.

“Jumlah peserta yang hadir kurang lebih sekitar 300 orang yang mewakili setiap desa di kolaka Utara,dan dari 10 calon yang di dorong tiga diantaranya mengundurkan diri, dan para calon membuat musyawarah sehingga di sepakati,Ryanto sarira sebagai ketua umum,”ungkap Basman.

Ia menambahkan, sebelum KST tersebut di bentuk ada dua lembaga yang di satukan yakni Kerukunan Keluarga Sang Torayan (KKST) dan Kombongan Toraja Kolaka Utara, olehnya itu pihaknya mendapat dukungan berbagai berbagai kalangan untuk di satukan dan membuat Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) tersendiri.

“Setelah terbentuknya kepengurusan tugas utamanya turun ke desa untuk membentuk pengurus sayap muda di wilayah tingkat desa dan kecamatan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KST terpilih itu Rynto Sarira, mengatakan dirinya mengucapkan terimah kasih atas kepercayaan yang di berikan kepadanya sebagai ketua umum,ia berupaya organisasi kemasyarakatan tersebut tetap berjalan seperti tujuannya.

“Organisasi ini murni untuk persatuan kekeluargaan jadi untuk itu kami tetap akan sesuai tujuan ADRT dan tidak ada kepentingan-kepentingan lain,”pungkasnya

 

Laporan : Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed