oleh

Permudah penyaluran BLT – DD, Kades Watuliwu Bagikan Kartu Rastra kepada warganya

NASIONALINFO.COM – KOLAKA UTARA | Pemerintah Desa (Pemdes) Watuliwu Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi tenggara membagikan kartu rasta kepada warganya guna mempermudah penyaluran bantuan langsung tunai (BLT-DD) ataupun bantuan sosial yang terkena terdampak virus corona atau Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Watuliwu Sunardi,S,ag. di temui di ruang kerjanya menjelaskan ada sekitar 60 lebih kartu raskin atau rasta yang di keluarkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) di tahun 2016 lalu namun yang di peruntukkan untuk penerimah beras miskin, pihaknya baru membagikan dengan tujuan bisa lebih menyakinkan bahwa warganya tersebut benar-benar layak menerimah bantuan tersebut ketika ada organisasi atau melalui dinas yang masuk di desa watuliwu memberikan bantuan.

Kata dia, meski kartu tersebut sudah ada sejak empat tahun yang Lalu ia baru memberikan agar bisa di gunakan oleh warganya sebab saat ini pendataan penerimah raskin sudah ada Data terpadu dari Dinas sosial(dinsos)

“Sebenarnya itu kartu sudah lama sebelum saya menjabat kedes, saya baru arahkan kadus bagikan dengan tujuan masyarakat bisa memperlihatkan atau menunjukkan bahwa mereka layak menerimah,” kata Sunardi kepala Desa Watuliu Rabu (6/5/2020).

Lanjut di katakan , meski kartu tersebut telah di salurkan pihaknya langsung mendapat protes dari beberapa warganya sebab hal itu dianggapnya sudah terlambat dan ia di tuding menyembunyikan kartu tersebut namun pihaknya berusaha meyakinkan bahwa tujuannya sebagai faktor pendukung”,ungkapnya

Ia menyebut, tujuan awal kartu itu untuk penerimah raskin namun pihaknya melihat masih banyak warga yang tidak dapat kartu yang Lebih layak menerimah raskin tersebut sementara jumlahnya terbatas, sehingga waktu itu pihaknya menggelar rapat yang di hadiri seluruh aparat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar raskin di gilir untuk lebih merata dengan warga lainnya.

“Waktu itu hasil musyawarah setiap raskin agar di ratakan saja, jadi ketika tersalur semua dapat dan itu lebih merata, jadi tidak ada niat mau akal-akalan karena terlambat di bagikan,” bebernya.

Kades dua priode ini meminta kepada seluruh warganya agar bersabar dan jangan panik dengan adanya dampak wabah covid-19 tersebut, sebab pihaknya tetap mengambil langkah kebijakan agar warga bisa benar-benar terbantu dengan adanya BLT.

“Untuk sementara ada sekitar 182 KK yang kami sudah data penerimah BLT dengan harapan bisa membantu masyarakat di kondisi saat ini,” tandasnya.

Sementara itu, Salah satu Anggota BPD Watuliwu Hamsukarmin membenarkan dimana ia bersama Ketua dan rekan BPD lainnya ikut dalam musyawarah yang pernah di gelar oleh pihak kepala desa sehingga keputusan membagi rata raskin sudah langkah tepat untuk pemerataan.

“Iya benar itu sudah kesepakatan bersama, karena kalau bukan langkah itu maka penyaluran raskin pasti tidak merata,” tandasnya

Laporan: Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed