oleh

Pemda Kolut Bakal Ambil Alih Pengelolaan Pantai Berova Dari BUMDES Pitulua

Nasionalinfo.Com, Kolaka Utara – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bakal mengambil alih Pengelolaan Destinasi Objek wisata Pantai Berova yang terletak di desa Pitulua Kecamatan Lasusua dimana sebelumnya telah di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa.

” Sebelumnya Pemerintah Kolaka Utara telah menyerahkan pengelolaan tempat objek wisata Pantai Berova untuk di Kelolah Secara Maksimal Oleh Badan Usaha Milik Desa(Bumdes) guna Memperdayakan Masyarakat Setempat, Namun selama Empat Tahun di kelola oleh Bumdes Desa Pitulua, Tetapi tidak maksimal, Sehingga Rencana pengelolaan diambil Alih kembali oleh dinas pariwisata Kolaka Utara, ucap Taufiq Sekertaris Daerah. Senin, 4/10/2020.

Ketgam : Sekda Pemda Kolaka Utara, Taufiq

Lanjut Taufiq, Dirinya membenarkan saat ini ada beberapa objek wisata di kolaka Utara, yang di tetapkan sebagai desa wisata dan di kelolah oleh masing-masing bumdes namun untuk pantai berova Pasir Putih Desa Pitulua tersebut, Pihak Pemda berencana mengambil Alih sebab tidak ada peningkatan bahkan Beberapa fasilitas sudah Rusak dan tidak terpelihara dengan baik.

” lingkungan sekitar pantai Berova juga kelihatan kotor penuh dengan sampah dan beberapa wahana permainan dan Pasilitas Lainya mengalami kerusakan dan kondisinya memprihatinkan bahkan berpotensi membahayakan keselamatan pengunjung,” Ungkap Taufiq.

Dikatakannya, pengelolaan pantai berova tersebut di Nilai lebih baik jika di kelolah oleh dinas pariwisata, Sebab sebuah objek wisata tersebut, harus di dukung oleh Sumberdaya Manusia (SDM) agar pertumbuhan pembangunan di sektor pariwisata bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Serta bisa jadi sumber Pendapatan Asli Daerah

“Kesepakatan (PAD) di pantai berova Tersebut, sebesar Rp 70 juta pertahun tapi tidak pernah tercapai bahkan tidak ada di Setor Selama di kelolah oleh bumdes. Namun, pihaknya tetap akan mengkaji ulang kebijakan tersebut sebab beberapa fasilitas faktor pendukung sudah dibuat namun tidak ada kemajuan,” Pungkasnya

Laporan : Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed