oleh

Ketum PMTI Pusat Silaturahim Dengan TST Kolaka

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Mayor Jendral TNI ( Purn ) Yulius Silvanus Rumba  melakukan Silaturahim dengan masyarakat Tongkonan Sang Torayaan Kabupaten Kolaka.

Pertemuan silaturahim di laksanakan di Rumah Tokoh Toraja Aris Parubak yang di hadiri Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sultra, Wakil Bupati Kolaka, Ketua KST, Wakil Ketua, Sekertaris, Bendahara dan Masyarakat Toraja. Kamis, 2/6/2022.

Kedatangan Ketum PMTI di Kabupaten Kolaka di dampingi langsung pengurus PMTI Pusat diantaranya Ketua Bidang Pertambangan, Benyamin Palamba, Ketua Bidang Peternakan Joni Arung.

Yulius lebih banyak memberikan wejangan kepada pengurus TST yang ada di Kabupaten Kolaka agar saling peduli. Karena tujuan dari pada organisasi adalah harus memahami apa tujuan dari organisasi khususnya TST merupakan refresentatif dari PMTI pusat. 

“Organisasi kita bukan hanya sebagai tempat kumpul-kumpul, harus ada tujuan jelas diantaranya mengenal potensi atau talenta yang dimiliki masyarakat Toraja untuk dimanfaatkan dalam pembangunan daerah. TST harus membangun ekonomi masyarakat dengan baik,” ungkap Yulius.

Dikatakannya untuk mencapai apa yang menjadi program organisasi maka harus mengenal potensi sumber daya anggota. Tapi yang terpenting adalah kebersamaan. Tanpa kebersamaan maka apa yang diprogramkan tidak bisa tercapai.

Lanjutnya orang Toraja tersebar diberbagai penjuru dunia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Juga terbentuk kepengurusan PMTI di berbagai negara seperti Jerman, Belanda, dan Perancis. 

“Kepengurusan PMTI di luar negeri itu akan kita lantik dalam waktu dekat. Sekali lagi kehadiran organisasi seperti PMTI bukan tanpa tujuan. Kita harus saling mengenal, saling membantu, dan saling menopang satu sama lain untuk tujuan bersama,” kata Yulius yang juga staf khusus menteri Pertahanan RI.

Ada selanjutnya ia juga berjanji akan menghadiri pelantikan kepengurusan TST periode 2022-2026 rencananya dilaksanakan  pada bulan Juli 2022 mendatang.

Diakhir pertemuan Yulius berpesan agar masyarakat Toraja yang ada di Kolaka bisa bersatu dan menyatukan visi misi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin yang turut hadir pada pertemuan tersebut berharap masyarakat Toraja di Kabupaten Kolaka senantiasa bersatu dan terus memberi kontribusi positif pada pembangunan daerah ini.

“Sejak kecil sampai sekarang saya ini selalu berinteraksi dengan masyarakat Toraja. Itu karena memang lingkungan tempat tinggal saya banyak orang Toraja. Jadi tidak salah kalau dikatakan saya ini sudah menjadi bagian dari komunitas Toraja,” ujarnya. 

Jayadin pun merasa terpanggil untuk ikut membesarkan organisasi yang mewadahi semua orang Toraja di Kabupaten Kolaka. 

“Selaku pribadi dan pemerintah menginginkan semua warga Toraja bersatu dalam satu wadah,” ungkapnya.

Laporan : AO

Print Friendly, PDF & Email
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.