oleh

Hari Pangan Sedunia, Persit Kodim 1412 Kolaka Ikuti Festival B2SA

Nasionalinfo.com, Kolaka – Dalam rangka memperingati hari Pangan Sedunia ke XXXIX, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVII Kodim 1412 Kolaka mengikuti festival Pangan Lokal Beragam Gizi Seimbang dan Aman ( B2SA ) yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka.

Festival B2SA di laksanakan di Ball room Hotel Sutan Raja Jalan Khairil Anwar Kelurahan Lamkato Kecamatan Kolaka Kabupaten.Senin, 29/7/19.

Yusran salah satu Panitia mengatakan bahwa pelaksanaan peringatan hari pangan sedunia Dinas Ketahanan Pangan selaku penyelenggara, dari rangkaianya hanya ada satu item kegiatan yang dilombakan yaitu lomba menghidangkan menu yang dipilih sendiri, menu itu akan dinilai oleh juri yang telah ditunjuk.

” Peserta lomba yang dinyatakan menang sesuai kriteria penilaian akan kembali diadu ke tingkat Provinsi hingga ke tingkat Nasional “. Ungkap Yusran

Lanjutnya, Penumbuhan pangan merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, hingga saat ini masih kurangnya minat masyarakat dalam memanfaatkan potensi pangan lokal dan konsumsi gizi seimbang.

” Tujuan kegiatan ini untuk mendorong pengembangan olahan pangan lokal, rangkaian kegiatan ini pula tidak sampai disini lebih lanjut akan dilombakan pada rangkaian kegiatan HPS di bulan Oktober 2019 di Kota Kendari.” pungkasnya

Ditempat yang sama Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan, Sehubungan dengan kegiatan ini, dalam peringatan HPS sebagai tuan rumah adalah Provinsi Sultra yang rencana akan dihadiri petinggi lembaga negara.

Mendorong ketahanan pangan daerah mengharapkan kepada masyarakat memanfaatkan potensi yang ada, sangat menyangkan jika diperkampungan pedagang masuk ke kampung-kampung berjualan sayur hal ini menadakan masyarakatnya tidak memanfaatkan lahan yang ada.

Menanggapi terkait Stunting, Ahmad Safei mengatakan bahwa kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Hal tersebut difaktorkan kekurangan gizi seimbang, tidak hanya itu faktor lingkungan yang tidak bersih juga mempengaruhi.

” Penilain Pusat untuk Kabupaten Kolaka di nilai tingkat kelahiran Stunting cukup besar ini merupakan perhatian kita bersama “. Tutup Ahmad Safei.

Pantauan media ini dalam kegiatan tersebut Ibu Persit Kodim 1412 Kolaka, memilih menu dengan menyajikan, Nasi ubi rebus, Acar Ikan bolu, Pepes telur asin, Pecel terong tempe bakar dan sambal beberuk.

Turut hadir dalam acara tersebut Ahmad Safei (Bupati Kolaka), Kompol Selamet (Kabag Sumda Res Kolaka, mewakili Kapolres Kolakal), Lettu Inf Baharuddin (Pa Sandi Kodim 1412/Kolaka), Herty Ahmad Safei (Ketua TP-PKK Kab. Kolaka), Saifudin Mustaming, S.Ag., M.A (Mewakili Ka Kemenag Kolaka), Ir. Bahrun Anise (Plh Kadis Ketahanan Pangan Kolaka), Unsur SKPD, Dinas Kecamatan Se Kababupaten Kolaka, dan peserta lomba.

Laporan : Afad
Editor : Redaksi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed