oleh

Bupati Kolut Serahkan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2019

NASIONALINFO.COM – KOLAKA UTARA: Melalui badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten kolaka utara menyerahkan Sertifikat Tanah dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Infastruktur Kanwil BPN Sultra, I Made Sumadra, Kepala Kejaksaa Negeri Lasusua, Wakapolres, Ketua DPRD dan Forkopinda

Penyerahan sertifikat tanah  secara simbolis oleh bupati kolaka utara Drs H. Nur Rahman Umar kepada masyarakat di tiga kecamatan  bertempat di Alun – alun kota lasusua Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. Jumat (13/12/2019).

Nur Rahman Umar  mengatakan, pada hari ini pemerintah kabupaten kolaka utara melalui badan pertanahan nasional (BPN) telah bagikan 1000 bidang (Sertifikat) kepada masyarakat dari tiga kecamatan yaitu kecamatan lasusua, kecamatan ngapa , dan kecamatan watunohu secara simbolis melalui program PTSL

Saya juga memberikan apresiasi kepada badan pertanahan nasional kolaka utara (BPN) yang  tiada mengenal lelah, terus berperan aktif sesuai fungsi dan tugas yang salah satunya memproses dan membagikan sertifikat sampai selesai kepada warga masyarakat sebagai pemilik tanah.

”Ini kesempatan emas bagi warga masyarakat untuk memiliki kepastian hukum atas tanah miliknya, Sertifikat ini sangat bermampaat bagi masyarakat, untuk dijadikan agunan atau jaminan sebagai modal usaha,” kata Nur Rahman usai menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL.

Lanjut, untuk itu bagi warga yang desanya mendapatkan program PTSL saya menghimbau untuk segera melengkapi persyaratannya karena masih ada program di 2020 dimana kabupaten kolaka utara mendapatkan jatah lebih banyak lagi dari tahu ini.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Kantor BPN Kolut, Suangto SH MH. Menurutnya meskipun dalam melaksanakan program PTSL banyak kendala yang ditemui namun BPN Kolut berkomitmen untuk mensukseskan program strategis nasional yang telah dimulai Tahun 2017 dan direncanakan tuntas 2025.

” Tahun 2018 kita raih predikat ke-3 seluruh lndonesia setelah kota palembang dan kabupaten poso sulawesi tengah,” bebernya

Program PTSL ini merupakan program yang dicanankan Presiden Joko Widodo. Untuk Tahun 2019 khusus kabupaten kolaka utara mendapat 11.750 sertifikat, dari PTSL sebanak 7.250 dan retribusi 4.500.

Suangto menjelaskan di tahun 2020 BPN Kolut akan melakukan pendataan PTSL sebanyak 17.600 sertifikat dan retribusi sebanyak 15.000 sertifikat, sehingga berjumlah 32.600 sertifikat.

Menurutnya di tahun 2018 ada 3000 sertifikat yang telah di bagikan kepada msyarakat kolut, sehingga BPN Kolut mendapat predikat ke-3 tercepat secara nasional dalam menyelesaikan target sertifikat. Sehingga BPN Kolut diberikan apresiasi dari pemerintah pusat berupa 3 macam penghargaan.

Dia juga mengapresiasi pemerintah daerah terkhusus bupati dan dinas terkait dalam bersama mensukseskan program PTSL yang dahulu disebut sebagai Prona.

Laporan : Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed