oleh

Berdayakan Petani Lokal, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kolut Bentuk 162 Kelompok Tani

Nasionalinfo.Com, Lasusua – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka Utara membentuk 162 kelompok tani yang tersebar di 18 Desa dari 14 Kecamatan, guna pemberdayaan Petani Lokal.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kolut, Drs Syamsu Ridjal MH, saat ditemui di ruangan kerjanya mengungkapkan bahwa pembentukan kelompok tani yang tersebar di 18 Desa dari 14 Kecamatan menggunakan anggaran dana Hibah yang di APBD kan tahun 2020.

” Anggaran yang di gunakan bersumber dari Dana Hibah yang di APBD kan, Di mana dalam pelaksanaan kegiatan masing-masing kelompok tani akan dipilah-pilah sesuai dengan jenis tanaman yang akan dikembangkan,” ungkap Syamsu Ridjal. Jumat 28/2/2020.

Menurutnya, dari 162 kelompok tani ada yang fokus pada jenis tanamn pekarangan, juga ada yang fokus pada tanaman jagung dan tanaman kakao, termasuk jenis tanaman lain seperti cengkih, kelapa dan merica.

“Saat ini kita sudah mulai bagaimana mentransfer dana ke masing-masing kelompok tani,” ujarnya.

Kadis Syamsu Ridjal juga berharap agar program ini betul-betul bisa dilaksanakan para petani sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

“Saya harap para petani betul betul melaksanakan sesuai prosedur, sehingga hasilnya bisa maksimal. Dan untuk mobilisasi hasil pertanian kelompok tani kedepan, kita juga akan berupaya agar Pemda bisa memfasilitasi, ” tutup Syamsu Ridjal

Laporan : Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed