oleh

Survey Independen IIR&C : Pilkada Kolaka Timur, Ektabilitas SBM Masih Unggul Dari Petahana

Nasionalinfo. Com, KENDARI – Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur 9 Desember mendatang, Lembaga Survey Independen Insight Institute R&C merilis hasil surveynya yang di laksanakan dari tanggal 24 – 31 Oktober 2020. Ektabilitas Paslon Nomor urut 2 dengan akronim SBM masih tinggi dari petahana.

Berdasarkan rilis Lembaga Survey Independen Insight Institute R&C mengambil sampel 440 responden yang tersebar d 12 kecamatan, 44 Desa dengan MArgin Of Eror -+ 5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur / Peneliti Utama Lembaga Survey Indipenden Insight Institute R&C,  Rian Pratama dalam rilisnya mengungkapkan bahwa Rilis survey ini merupakan bagian dari rangkaian survey telah dilaksanakan di 7 Kabupaten /Kota se Sulawesi Tenggara yang akan melaksanakan pilkada secara serentak pada 9 Desember 2020 ini.

Adapun survey dilaksanakan pada rentang tanggal 24 – 31 Oktober 2020, dengan jumlah responden 440 yang tersebar di 12 Kecamatan, 44 desa di Kabupaten Kolaka Timur, dengan margin of error sebesar – + kurang lebih 5 % pada tingkat kepercayaan 95%.

” Perhitungan sampel berdasarkan data DPT yang dirilis oleh KPU dengan teknik penarikan sampel menggunakan multistage random sampling,” ucap Rian Pratama. Selasa, 10/11/2020.

Menurut Rian, Survey ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemimpin di Kabupaten Kolaka Timur. Sebanyak 21,6 % responden yang menyatakan puas dan 50, 9% responden menyatakan tidak puas terhadap kinerja pemimpin Kabupaten Kolaka Timur, lalu 27,5% responden lainnya tidak memberikan jawaban.

Lanjut, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan, 2,0% responden telah menyatakan sangat puas, 25,7% responden menyatakan puas dan 52,9% responden telah menyatakan tidak puas dengan pembangunan yang ada, serta sebanyak 19,4% responden tidak memberi jawaban. Untuk masalah dimasyarakat, terdapat 5 besar masalah utama yang ditemukan, seperti kondisi jalanan yang sangat buruk, angka kemiskinan yang masih tinggi, harga bahan pokok yang mahal, irigasi yang tidak memadai dan kelangkaan pada pupuk kebutuhan petani.

” Maka untuk persentase popularitas calon, kedua pasangan berbeda di 95% popularitas, untuk tingkat kesukaan masyarakat terhadap pasangan calon dengan nilai dasar popularitas, Pasangan Samsul Bahri Majid – Andi Meya Nur, telah berhasil menarik perhatian ditingkat kesukaan masyarakat sebanyak 58,2% responden yang menyatakan suka, sementara pasangan Tony – Baharuddin, hanya terdapat 28,5% responden yang menyatakan suka,” beber Rian dalam keterangan press releasenya.

Drs.H. Tony Herbiansyah – H. Baharuddin
1. Popularitas   : 95%
2. Liketabilitas : 28,5%

H.Samsul Bahri Majid, SH, M.Si – Hj. Andi Merya Nur, S.IP
1. Popularitas   : 95%
2. Liketabilitas : 58,2%

Sehingga pada tingkat Elektabilitas /Keterpilihan pasangan calon, dengan pertanyaan, jika pemilihan berlangsung hari ini, calon pasangan manakah yang akan bapak/Ibu pilih sebagai pemimpin di Kabupaten Kolaka Timur ?

Pasangan Samsul Bahri – Andi Merya Nur mendapat 58,2% responden yang menyatakan akan memilih , sementara pasangan Tony Herbiansyah – Baharuddin mendapat 33,6 % responden yang menyatakan akan memilih, dan sebanyak 8,2 % responden lainnya tidak memberikan jawaban.

Elektabilitas Drs. H. Tony Herbiansyah – Baharuddin 33.6 %
Elektabilitas H. Samsul Bahri Majid, SH, M.Si – Hj, Andi Meya Nur, S, IP 58.2 %

Tidak Tahu / Tidak Jawab ( TT / TJ) = 8,2 %

lanjut, Yang kemudian pada prediksi masyarakat terhadap pasangan calon sangat dimungkinkan yang akan memenangkan pilkada tahun ini, sebanyak 52. 7 % responden memprediksi pasangan Samsul Bahri Majid – Andi Merya Nur akan memenangkan pilkada tahun ini, dan sekitar 19.5% responden memprediksi pasangan Tony – Baharudin akan memenangkan pilkada tahun ini.

Sebagai keyakinan masyarakat yang memprediksi pemenang pilkada Tahun 2020 Versi Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur sangat di mungkinkan peluang yang akan diraih masing masing pasangan calon :

Drs. H. Tony Herbiansyah – Baharuddin = 19.5%

H. Samsul Bahri Majid, SH, M. Si – Hj. Andi Merya Nur, S.IP = 52.7 %

Tidak Tahu / Tidak Jawab ( TT/TJ) = 27.8 %

Artinya prediksi pemenang pilkada Tahun 2020 Versi Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur sarat dimungkinkan peluang besar pasangan Samsul Bahri – Merya Nur yang akan menjadi pemenang dalam perhelatan pilkada Kolaka Timur 9 Desamber 2020 mendatang.

” Selama survey berlangsung, tidak ditemukan kendala itu artinya proses berjalan lancar, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka Timur terkhusus responden atas partisipasinya yang diberikan kepada kami. ” tutup Direktur / Peneliti Utama Kendari Rian Pratama dalam press releasenya.

Laporan : Tim 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed