oleh

Plt Bupati Koltim Buka Kegiatan Jambore Kader PKK Tahun 2021 & Louncing Senam SBM

Nasionalinfo.com, Kolaka Timur – Pelaksanaan jambore kader PKK tingkat Kabupaten Kolaka Timur ( Koltim) tahun 2021 dengan tema “Meningkatkan Kualitas Kader PKK di Masa Pandemi Covid-19” Resmi dibuka Plt Bupati Kolaka Timur Hj. Andi Merya, S.Ip yang berlangsung di di Lapangan Tribun Desa Lalingato, Komplek Perkantoran Pemkab Koltim Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara. Kamis, 10/06/2021.

Kegiatan tersebut di hadiri Wakil Ketua DPRD Koltim Hj Rahmatia Lukman SE MSi, Ketua TP PKK Koltim Hj Diana Samsul Bahri SP, Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, pimpinan OPD, Camat dan seluruh peserta yang berasal dari TP PKK tingkat kecamatan se-Koltim. Sebelum pembukaan, terlebih dahulu ditampilkan Senam SBM yang diperagakan seluruh anggota TP PKK Koltim.

Mengawali laporannya Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kolaka Timur Hj. Diana Samsul Bahri, SP Menyampaikan bahwa pelaksanaan jambore Kader PKK merupakan Jambore kedua kalinya yang telah dilaksanakan di Kabupaten Kolaka Timur.

” Perlu kami sampaikan bahwa paksanaan Jambore Kader PKK ini adalah merupakan yang kedua kalinya, dimana jambore ini mengangkat tema MENINGKATKAN KUALITAS KADER PKK DIMASA PANDEMI COVID – 19,” ucap Diana mengawali sambutannya sebagai ketua TP PKK Koltim.

Kata Diana Massi, mengingat situasi saat ini kita masih berada dalam masa pandemi terhadap penyebaran wabah Covid – 19, olehnya itu kegiatan JAMBORE kader PKK ini dilaksanakan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan Virus Corona.

” maksud dan tujuan inti dari kegiatan pelaksanaan jambore ini adalah pengenalan tentang organisasi PKK di Koltim. Organisasi PKK adalah merupakan organisasi yang jumlah anggota dan cakupan wilayahnya sampai tingkat desa bahkan hingga tingkat Dusun, yang telah mempunyai 10 program PKK, ialah merupakan potensi yang sangat besar dalam menjalankan pungsi sebagai mitra kerja pemerintah,”dengan menetapkan visi PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman, dan bertaqwa, guna mewujudkan keluarga yang sejahtera,” semua ini merupakan suatu penjabaran visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, Samsul Bersama Mery periode 2021 – 2026, ” Yakni” Menuju masyarakat Kolaka Timur yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadiilan ( SBM AMAN). ” Imbuhnya.

Lanjut, Adapun tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi antara Kader PKK baik Desa dan kelurahan sampai tingkat Kabupaten , upaya meningkatkan kinerja dalam 10 program PKK, menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama dan menambah wawasan pengetahuan sesama kader sehingga dapat saling memotivasi.

Ketua Tim Penggerak PKK Koltim Hj. Diana Samsul Bahri, SP dalam laporannya juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut tengah melakukukan sejumlah jenis bentuk kegiatan Lomba yaitu
– Lomba devile (Yel -Yel)
– Lomba penyuluhan menyangkut kegiatan sekertaris, pokja satu, pokja dua, pokja tiga dan pokja empat.
– Lomba gembira

– Lomba penyuluhan tentang twntang wajib belajar 12 tahun serta penyuluhan penyalah penggunaan narkoba dan HIP AID. yang sekaligus kegiatan senam masal dilapangan lalingato yang diikuti Plt Bupati bersama para OPD dan masyarakat Kabupaten Kkoaka Timur.

Adapun peserta kegiatan dari unsur peserta kader PKK Desa, Kelurahan, dan Kecamatan sekabupaten Kolaka Timur. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari yang simulai tgl 10 juni hingga tanggal 12 juni 2021. Bertempat dilapangan lalingato Kecamatan Tirawuta.

” sumber dana seluruh kegiatan jambore kader PKK ini bersumber dari APBD Kabupaten Kolaka Timur yang melekat pada DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( BPMD) Koltim Tahun anggaran 2021, saya juga berpesan kepada seluruh peserta agar berkompotisi secara sehat, bangun seportipitas, dan silidaritas dalam bingkai persatuan sehingga dalam kegiatan ini dapat terlaksana dengan apa yang menjadi tujuan kita bersama.”Tutup Ketua TP. PKK Hj Diana Samsul Bahri, SP.

Ditempat yang sama Plt Bupati Kolaka Timur Hj. Andi Merya, S.Ip menitip pesan agar kegiatan yang terselenggara itu tidak dijadikan sebagai penggugur kewajiban, melainkan sebagai momentum untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan dan mempererat hubungan silaturahmi serta kekompakan di antara seluruh pengurus TP-PKK.

“ Saya berharap dengan pelaksanaan jambore PKK ini seluruh ibu-ibu PKK di Kabupaten Kolaka Timur , baik tingkat kelurahan, kecamatan bisa menghadirkan semangat baru ide-ide dan gagasan yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan kegiatan yang lebih tepat menyongsong era baru pasca pandemi nantinya,” tuturnya.

Dikesempatan itu pula orang nomor satu di Koltim ini mengucap terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus PKK baik tingkat kelurahan, kecamatan maupun tingkat kota.

“Saya tau bahwa peran ibu-ibu sekalian sangat besar, sangat signifikan, sangat strategis terkait dengan kerja-kerja Pemerintah di Kabupate Kolaka Timur ini baik tingkat kecamatan, kelurahan bahkan sampai ke tingkat RT/RW, karena ibu-ibulah yang biasanya lebih mudah untuk melakukan penetrasi kepada masyarakat, memberikan penjelasan, menangkal informasi-informasi hoax yang biasanya mempengaruhi masyarakat kita. Oleh sebab itu saya berharap sekali lagi, ini kita pertahankan untuk kemudian bisa menjadi modal utama kita dalam melakukan tugas-tugas selanjutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan ketika membuka kegiatan Jambore PKK yang bertemakan meningkatkan kualitas kader PKK dimasa pandemi Covid-19, merupakan salah satu ajang dalam menambah wawasan, pengetahuan dan yang tak kalah pentingnya adalah menjalin persaudaraan dan persahabatan serta membangun kebersamaan kader-kader PKK Se-Koltim. Kader-kader PKK dari 12 Kecamatan ini kata dia, tentunya sudah memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing serta karakter yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama, kader PKK harus mampu merangkul masyarakat, dan membangun kerja sama serta berkolaborasi dengan OPD terkait yang relevan dengan 10 program pokok PKK.

“Saya selaku ketua Pembina PKK Kabupaten Kolaka Timur, sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada Ketua dan seluruh TP PKK Kabupaten Kolaka Timur, untuk melaksanakan kegiatan kader PKK dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Kader PKK dimasa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini sangat relevan dengan kondisi negara kita saat ini yang telah dilanda musibah dengan munculnya wabah virus corona dan telah dirasakan selama kurang lebih satu tahun sampai dengan sekarang. PKK sebagai mitra kerja pemda telah banyak memberi kontribusi untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur, dan berkomitmen untuk mewujudkan visi misi Bupati Kolaka Timur yaitu “ menuju Kolaka Timur yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan,” bebernya.

Lanjutnya, jambore Kader PKK ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri kader sebagaimana laporan Katua Tim Penggerak PKK, olehnya itu ia mengharapkan para kader dan anggota PKK lainnya dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi dalam melaksanakan tugas dari 10 program pokok PKK di daerah masing-masing, bangunlah keseibangan dalam artian seimbang dalam menjalankan peran sebagai kader PKK, istri dan ibu dari anak yang menghadirkan keharmonisan. Pada kegiatan jambore ini beberapa perlombaan akan dilaksanakan, maka ia mengiatkan bahwa peserta dapat membangun semangat sportivitas dan soladiritas hingga terjalin hubungan komunikasi yang baik antar sesama kader. ” Tutup Plt Bupati Koltim Hj. Andi Meruya, S.Ip

Laporan : Abdul Rahim.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed