oleh

DPRD & Pemda Koltim Gelar Paripurna Penyampaian Awal RPJMD Tahun 2021

Nasionalinfo.com, Kolaka Timur – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Daerah Kabupaten Kolaka Timur dengan agenda Penyampaian Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Koltim Tahun 2021-2026, dan persetujuan pembahasan Rencana awal RPJMD Kabupaten Kolaka Timur, Tahun 2021 – 2026. Pada senin (7/6/2021) di gedung paripurna DPRD Kolaka Timur.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kolaka Timur Suhaemi Nasir, didampingi Wakil Ketua DPRD Koltim Hj.Rahmatia Lukman yang dihadiri Plt Bupati Koltim Hj. Andi Merya S.IP, Pj Sekda Kabupaten Kolaka Timur, Sekretaris dewan, para Anggota DPRD Koltim, serta para Kepala OPD Koltim, dan Forkopimda Kabupaten Kolaka Timur, serta elemen masyarakat Kabupaten Kolaka Timur.

Dari pantauan media ini informasi sebagaimana catatan data telah disampaikan Ketua DPRD Koltim Suhami Nasir jadwal kegiatan DPRD Kabupaten Kolaka Timur masa sidang 1 masa sidang 2 tahun 2021 sesuai daftar hadir anggota DPRD Kabupaten Kolaka Timur yang ada di meja pimpinan rapat tercatat 25 anggota DPRD dan yang telah menandatangani daftar hadir berjumlah 19 orang.

Dalam sambutannya Bupati Koltim Hj Andi Merya menyampaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Koltim Tahun 2021-2026, hal ini  sebagai tindak lanjut terhadap ketentuan Pasal 49 Ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 dimana disampaikan bahwa RPJMD diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk dibahas bersama.

Mengawali sambutan ini, saya mengajak kita semua untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat hadir dalam Paripurna Penyerahan dan Persetujuan Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kab. Kolaka Timur Tahun 2021-2026. Semoga dengan ungkapan syukur itu akan menjadi sebab bertambahnya nikmat yang diberikan kepada kita, terutama dalam hal pembangunan daerah untuk mewujudkan Kolaka Timur yang semakin sejahtera.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada DPRD Kabupaten Kolaka Timur yang telah melaksanakan Paripurna Penyerahan dan Persetujuan Pembahasan Rancangan awal RPJMD Kab. Kolaka Timur pada hari ini, dimana Dokumen RPJMD menjadi rujukan perencanaan pembangunan 5 (lima) tahun, yang memuat arah kebijakan dan prioritas daerah yang menyentuh hak dasar masyarakat Kabupaten Kolaka Timur secara merata.

Dalam sambutannya Bupati Koltim Hj Andi Merya menyampaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Koltim Tahun 2021-2026, hal ini  sebagai tindak lanjut terhadap ketentuan Pasal 49 Ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 dimana disampaikan bahwa RPJMD diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk dibahas bersama.

Adapun tentang tatacara dan evaluasi cara perencanaan, pengendalian pembangunan daerah, tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan menengah daerah, dan rencana kerja daerah 2021-2026.

Visi kami dalam Pembangunan Kabupaten Kolaka Timur Tahun 1021 – 2026 “SEJAHTERA BERSAMA MASYARAKAT KOLAKA TIMUR YANG AGAMIS, MAJU MANDIRI DAN BERKEADILAN” Visi Kabupaten Kolaka Timur tersebut akan diwujudkan dalam akhir priode 5 (lima) tahun kedepan, Visi daerah menunjukkan apa yang menjadi cita-cita bersama masyarakat daerah atau stakeholder pembangunan daerah, yang merefleksikan kekuatan dan potensi daerah sekaligus menjawab permasalahan dan isu-isu strategis daerah.

Sedangkan upaya untuk mewujudkan Visi Tersebut, dijabarkan menjadi 10 (Sepuluh) program prioritas nagian Misi Pembangunan Kabupaten Kolaka Timur yakni :

  1. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Ajaran Agama, Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Serta Budaya Lokal.
    Misi ini dimaksudkan untuk melakukan Pembinaan keagamaan serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Agama secara benar. Meningkatkan kompetensi guru, Meningkatkan kemampuan siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Beasiswa bagi Siswa kurang mampu yang berprestasi, dan menanamkan nilai-nilai budi pekerti melalui muatan lokal mata pelajaran “budi pekerti”
  2. Peningkatan Aksebilitas, Pemerataan Dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat; Misi ini untuk menjamin kesehatan bagi Ibu dan anak. Meningkatkan Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Meningkatkan akses dan mutu mutu pelayanan kesehatan. Meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga medis, melaksanakan program dan kegiatan intervensi gizi keluarga sasaran rumah tangga 1.000 HPK (hari pertama kehidupan) dapat berjalan maksimal.
  3. Percepatan Kualitas Infrastruktur Publik Yang Memadai Dan Efektif; Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan penataan kawasan ibu kota lebih baik dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur. Tercapainya pemerataan pembangunan jalan dan jembatan untuk memudahkan konektifitas antar wilayah di Kabupaten Kolaka Timur dari pelosok hingga ke ibu kota KabupatenPemerintahan Yang Baik.
  4. Penguatan Tata Kelola Bersih, Dan Transparan Melayani Masyarakat; ini dimaksudkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan meningkatan kualitas aparatur sipil negara. Penataan Standar Pelayanan Publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih Profesional dalam Penataan birokrasi yang transparan dan akuntabel. Menetapkan Fakta Integritas bebas dari prilaku Korupsi, Kolusi, Nipotisme (KKN).
  5.  Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dan Produktifitas Pertanian, Perkebunan, Penguatan Umkm, Koperasi Dan Pelaku Usaha; Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan Penguatan kapasitas penyuluh pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan shingga kompetensinya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani. Meningkatkan dan mengembangkan Industri kecil menengah dan Koperasi. Mendorong iklim investasi dan kemitraan usaha yang kondusif dengan cara memudahkan perijinan dengan mempersingkat jalur birokrasi pada saat dalam proses perijinan usaha kecil, menengah maupun besar. Lebih aktif melakukan promosi produk unggulan daerah. Meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat, utamanya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
  6. Penguatan Peran Pemerintah Dalam Desa Pemberdayaan Masyarakat; Misi ini dimaksudkan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa sehingga dapat mewujudkan Desa berkembang, maju dan mandiri, dengan memberikan bantuan stimulus pembangunan di tiap Desa pertahun dengan harapan Kolaka Timur terlepas dari adanya wilayah Desa tertinggal, serta untuk meningkatkan solidaritas, toleransi dan kesejahteraan masyarakat.
  7. Pembinaan Dan Pemberdayaan Kepemudaan, Olahraga Dan Seni Budaya. Misi ini dimaksudkan untuk Meningkatkan peran dan partisipasi pemuda dalam pembangunan daerah, serta penyediaan sarana prasarana pembinaan generasi muda yang memadai, Pembinaan Atlet berprestasi Mendorong kreatifitas seni budaya, menghidupkan dan melestarikan adat budaya dan kearifan lokal.
  8. Mengembangkan Potensi Wisata; Misi ini dimaksudkan untuk mengembangkan sektor Pariwisata daerah melalui atraksi, amenitas dan aksesibilitas, sehingga dapat meningkatkan salah satu sumber pendapatan daerah yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berefek pada ekonomi masyarakat sekitar.
  9. Terwujudnya Masyarakat Yang Aman, Damai dantertibMisi ini dimaksudkan untuk mewujudkan toleransi Kehidupan Umat Beragama, menciptakan semangat gotong royong dalam kehidupan masyarakat, menghilangkan sekat-sekat antar suku, agama, ras dan golongan. Menguatkan Lembaga keagamaan dan kebudayaan guna membentengi masyarakat dari upayaprovokasi yang mengarah pada konflik Mewujudkan masyarakat yang lebih religius, sehingga prilaku sadar hukum pada masyarakat selalu tertanam pada pribadi atau kelompok dalam bersosialisasi, serta memperkuat peran pemberdayaan gender, perlindungan anak untuk terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan.

Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Profesional, Selaras, Serasi Dan Seimbang Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan hidup lestari dan berkelanjutan, serta meningkatkan peran masyarakat dan seluruh elemen-elemen terkait dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, sehingga pemilihan fungsi lingkungan hidup melalui upaya Konservasi Rehabilitasi, terhadap pengendalian dampak pembangunan pada kelestarian fungsi lingkungan hidup serta kesadaran hukum masyarakat bisa tercapai. dan Keberhasilan pencapaian visi dan misi kami akan diukur dari pencapaian kinerja pada aspek kesejahteraan, pelayanan umum, dan daya saing daerah. Keberhasilan kinerja yang ditunjukkan dari akumulasi pencapaian indikator outcome, dari pembangunan daerah atau ditunjukkan dari pencapaian indikator yang diukur setiap tahunnya.

Laporan: Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed