oleh

Musrembang Di Tiga Kecamatan, Andi Merya Nur : Semangat Samsul Bersama Mery Terus Bangkit

Nasionalinfo. Com, Kolaka Timur – Plt Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur telah menutup musrembang terakhir di tiga kecamatan Laolae, Mowewe dan Tinondo setelah musrembang di 9 Kecamatan yang dipimpin langsung Bupati Koltim Almarhum H. Samsul Bahri Majid, SH. M.Si.

Sebelum memberikan tanggapan dalam acara musrembang dihadapan peserta musrembang, Andi Merya Nur dengan tegas mengatakan bahwa dirinya tetap konsisten dalam komitman bahwa Samsul Bersama Mery ( Sejahtera Bersama Masyarakat itu akan terus menjadi spirit dalam membangun Koltim hingga cita cita luhur samsul bersama Mery untuk mensejahterakan Masyarakat bisa tercapai.

” walaupun Samsul Bahri telah tiada meninggalkan kita, tapi saya tetap komitmen bahwa Samsul Bersama Mery ( Sejahtera Bersama Masyarakat ) itu sudah merupakan tekad kami untuk membangun Koltim menuju kearah yang lebih baik. Karena sudah merupakan cita cita luhur saya bersama mendiang Almarhum Kakak saya H. Samsul Bahri Majid. Tekad itu tidak bisa diganggu gugat, maka saya sangat berharap kepada seluruh masyarakat jangan sungkan untuk selalu mengingatkan kami, sehingga program dalam menjalankan roda pemerintahan dikoltim mari kita kawal sama sama. Karena kita kompak pasti Koltim bisa lebih maju.” Tegas Andi Merya Nur. Senin, 22/3/2021.

Untuk memastikan visi misi pemerintah Koltim, Sulawesi Tenggara yang dibentuk bersama almarhum Samsul Bahri terus dijalankannya selama massa jabatannya. Utamanya program-program yang disusul demi membangkitkan segala sektor potensial di wilayah setempat.

Andi Merya baru saja diangkat sebagai plt bupati setelah Bupati Koltim Samsul Bahri meninggal pada 19 Maret 2021. Di awal tugasnya itu, dirinya tetap semangat tidak hentinya menyampaikan program-program pemerintah yang dirancang bersama almarhum untuk lima tahun ke depan.

Andi Merya Nur mengatakan, ide-ide cerdas dari almarhum Samsul Bahri misalnya bincang-bincang dengan masyarakat petani akan direalisasikan. Tindakan ini bagian dari program pemda dalam mengetahui setiap permasalahan petani dari tingkat lingkungan masyarakat.

“ Bincang-bincang dengan masyarakat yang diberi nama Bupati Menyapa Petani akan kami laksanakan, tentunya didampingi oleh kepala dinas terkait untuk mengetahui permasalahan di tingkat masyarakat khususnya petani,” Tutur Merya Nur.

Ditambahkan Andi Merya, musrenbang dilaksanakan sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis, teknokratis, dan aspiratif. Dengan dasar isu strategis tersebut, prioritas rencana kerja pemerintah daerah Kolaka Timur pada 2022 akan diarahkan pada beberapa aspek. Mulai dari pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, kesempatan kerja, pelestarian lingkungan hidup, pengembangan budaya, dan tata kelola pemerintah.

“ Dengan tema pembangunan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor unggulan dan percepatan pembangunan infrastruktur dasar, dengan memperhatikan isu-isu strategis dalam rancangan rencana pembangunan jangka menengah daerah, kita yang bertitik tolak pada penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan daya saing ekonomi, dan produktivitas tenaga kerja,” jelasnya.

Pembangunan berkelanjutan juga akan memperhatikan daya dukung lingkungan dan sumber alam, tata kelola pemerintahan, peningkatan kapasitas infrastruktur dasar wilayah. Prioritas rencana kerja tersebut, diharapkan menuntaskan misi Pemda Koltim secara bertahap dan berkelanjutan selama lima tahun ke depan.

“ Biasanya dalam musrenbang kita ramaikan dengan sepak bola, tujuannya silaturahmi sambil menghibur rakyat, namun karena masih dalam suasana duka yang mendalam sehingga hiburan ini kita tunda, sambil melihat kondisi dan waktu yang tepat,” Tutup Andi Merya Nur.

Selama pelaksanaan kegiatan musrembang juga selalu memperhatikan mengutamakan protokol kesehatan Covid – 19′ mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

 

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed