oleh

Mahasiswa FPPP USN Dan Dinas Koperasi Bentuk Koperasi PNS

NASIONALINFO.COM – KOLAKA: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka membentuk Koperasi Pesisir Sejahtera (PNS),Melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diprogramkan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Para mahasiswa diasah kemampuannya dalam mengembangkan dan memberdayakan masyarakat Desa, terkhusus masyarakat pesisir, seperti yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka,bertempat Kampung Nelayan Bajo Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada,Kabupaten Kolaka.Selasa(24/08/2021)

Dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pesisir ini para mahasiswa menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka dalam sosialisasi dilapangan bersama masyarakat suku bajo di Kelurahan Anaiwoi, dengan 3 Fokus pemberdayaan yakni pembentukan Koperasi Nelayan, pembentukan bank sampah serta pengolahan sumberdaya perikanan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka Ramli Sima mengatakan akan membantu para mahasiswa dalam proses pembentukan Koperasi Nelayan hingga memperoleh legalitas resmi.

“Silakan pengurus dan anggota koperasi aktif dan terus berkoordinasi dengan teman-teman penyuluh di dinas. Kami siap melayani dan membimbing didukung oleh para dosen di Program Studi Agribisnis dan teman-teman mahasiswa BEM FPPP USN Kolaka.”kata Ramli Sima saat memberikan sosialisasi di kampung bajo

Lebih lanjut,kata dia pihaknya siap melayani dan membimbing didukung oleh para dosen di Program Studi Agribisnis dan teman-teman mahasiswa BEM FPPP USN Kolaka.

“Kami sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa disertai bimbingan dosen, akhirnya koperasi ini bisa diinisiasi dan harapannya kami dapat terus dibimbing hingga terbentuk dan berjalan di masa yang akan datang,”ucap Ramli Sima

Sementara itu Dosen Pendamping PHP2D BEM FPPP USN Kolaka, Campina Illa Prihantini mengatakan Program pemberdayaan masyarakat pesisir melalui koperasi pesisir nelayan sejahtera (PNS) ini akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2021.

“Nantinya koperasi ini akan menjadi binaan Program Studi Agribisnis FPPP USN Kolaka dan Inkubator Agribisnis USN Kolaka.Kepada Bapak Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka mohon bimbingan dan arahannya agar koperasi kami dapat terus aktif dan membantu menyejahterakan para nelayan Bajo yang ada disini.”katanya

Kata dia kelurahan anaiwoi akan dijadikan sebagai Desa Binaan USN Kolaka. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam PHP2D merupakan bagian dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang selama ini didengungkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Jadi teman-teman mahasiswa bukan hanya dipantau oleh kampus USN saja, namun juga dari pihak kementerian.”ungkap Prihantini Dosen Pendamping PHP2D BEM FPPP USN Kolaka

Diketahui dari hasil pertemuan tersebut para calon pengurus dan anggota koperasi bersama mahasiswa dari Fakultas Pertanian sepakat membentuk nama koperasi dengan nama Koperasi Pesisir Nelayan Sejahtera disingkat PNS, yang diketuai oleh Hj. Nur Anita dengan jumlah anggota sebanyak 39 orang.
Dalam pertemuan itu juga dimembahas mengenai besaran simpanan wajib dan simpanan pokok yang merupakan bagian dari Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Koperasi Koperasi Pesisir Nelayan Sejahtera

Laporan: Andri

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed