oleh

Hadiri Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-76, Andi Merya Ajak Seluruh Komponen Bekerjasama Membangun Koltim

Nasionalinfo.Com, Kolaka Timur – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kolaka Timur Dalam Rangka Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI Republik Indonesia menjelang hari kemerdekaan ke-76, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Timur menggelar Rapat Paripurna yang dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Timur ( Koltim). Hj Suhaemi Nasir, S.Pd. M.Pd, dan di hadiri oleh seluruh anggota DPRD Kolaka Timur.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Bupati Koltim, Hj. Andi Merya, S.Ip, PJ Sekda Koltim Muh. Iqbal Tongasa, S.STP. Forkopimda Koltim, Ketua TP PKK Kabupaten Koltim Hj Diana Samsul Bahri, SP, Kepala-kepala OPD Se-Kabupaten Koltim, Camat, serta Desa Kelurahan , di Aula Utama DPRD Kabupaten Koltim, Senin (16/08/2021).
Acara Rapat Paripurna mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI itu terselenggara dengan sukses dan penuh Khidmat.

Dalam sambutanya Bupati Kolaka Timur, Hj. Andi Merya, S.IP mengatakan, bahwa dengan terlahirnya sebagai Daerah otonom baru Kabupaten Kolaka Timur kini telah menjadi daerah otonomi penuh di Negara kesatuan Republik Indonesia ini. Sebagai masyarakat Kolaka Timur, maka wajib bersyukur dengan menjadikan hari hari Ulang Tahun Proklamasi kemerdekaan ini, sebagai sebuah inspirasi dan mitivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi. Begitu juga sebagai generasi penerus, mati kita jadikan sejarah perjuangan Bangsa ini, sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, kepada pendahulu dan para pendiri bangsa.

Menurut Bupati, hal penting terkait pelaksanaan pembangunan di awal pemerintahannya adalah sebagai berikut :

1.  Aspek Geografis, melalui validasi badan informasi Geospasial (BIG) luas wilayah kita berdasarkan UU Nomor 08 tahun 2013: seluas 3.634,74 kilometer bujursangkar, setelah di validasi dan tertuang dalam perda No.4 RTRW Kolaka Timur Tahun 2020-2040 luas kita saat ini adalah : 3.991,78 kilo meter bujur sangkar.

2. Kondisi APBD, secara umum meski dalam kondisi pandemi, yang melanda Negara dan Daerah kita, pertumbuhan komponen pendapatan daerah Kabupaten Kolaka Timur tumbuh hingga 2,9% dan belanja kita tumbuh menjadi 3,65%. Dan kemudian permasalahan dan isustrategis Daerah, sejumlah permasalahan penting bagi daerah kita yaitu infrastruktur jalan, jembatan, kesehatan, pendidikan, pertanian dan perkebunan, serta investasi dan penataan Ibukota, merupakan hal yang akan kita prioritaskan, dengan langkah sebagai mestinya berikut ini adalah.
– Membangun jalan kabupaten disetiap kematan.
– Khusus kecamatan uluiwoi dan ueesi akan kami prioritaskan pembenahan puncak solewatu-ambapa, puncak amate-pehanggo dengan system beton (RIGIT) dan pembangunan jembatan penghubung untuk membuka isolasi liku walanapo.
– Mempersiapkan pembangunan RS umum daerah.
– Membangun sarana dan memenuhi kebutuhan dan keperluan anak didik kita, mulai dari Taman Kanak-kanak,         PAUD, SD dan SMP, serta membina pemuda dengan berbagai kegiatan.- Bidang pertanian dan perkebunan.
– Menata ibukota kabupaten kolaka timur, dengan berjuang melebarkan jalan nasional dari tumbudadio hingga rate-rate dan akan dilanjutkan sampa lalingato, serta jalan provinsi dari rate-rate sampai poli-polia.
– Bangkitkan Pariwisata daerah kita untuk menunjang peningkatan pendapatan daerah.

Berikut juga strategi, arah kebijakan dan program pembangunan Daerah, dalam mewujudkan visi-misi pembangunan 2021-2026, tentunya akan berdasarkan pada penajabaran rencana pembagunan jangka menengah daerah, yang arah kebijakan tertuang dalam rencana strategis pada masing-masing OPD pelaksana.
Selanjutnya – Kerangka pendanaan Pembangunan, dalam mewujudkan rencana-rencana kita, membangun kolaka timur tercinta ini, tentu kita harus kreatif memikirkan sumber-sumber anggaran, yang kita ketahui selama masa pandemic covid-19 dana analokasi umum, dan dana alokasi khusus kita terus mengalami pengurangan, untuk difokuskan pada penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19.

” sebagai kepala daerah, saya mengajak kepada kita semua, mari kita bersama-sama memikirkan langkah-langkah strategi untuk pembanguan jalan, jembatan, sarana kesehatan, pendidikan dan sarana pertanian dan perkebunaan demi koltim yang kita cintai ini,” Pungkas Andi Merya Orang Nomor satu di Koltim ini.

Ketgam : Bupati Koltim Bersama Jajaran OPD Koltim Lakukan Aksi Tancap kibarkan sebanyak 76 Bendera Merah Putih Di Halaman Gedung Kantor Bupati Koltim

Diketahui sekembalinya dari gedung rapat paripurna di DPRD Bupati Koltim melanjutkan aksi menancapkan sebanyak 76 buah bendera di halaman gedung Kantor Bupati Kolaka Timur, sebagai simbol memperingati  hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang Ke – 76.

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed