oleh

10 Mahasiswa USN Kolaka Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Program pertukaran mahasiswa merdeka bagi para mahasiswa di seluruh indonesia. Program ini bertujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk berjumpa, bercerita, dan berbagi. Ditargetkan 20.000 mahasiswa yang lolos seleksi akan mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka (https://www.kemdikbud.go.id/).

Peluang bagi mahasiswa memperluas jaringan dengan puluhan ribu mahasiswa dari 288 perguruan tinggi yang sudah mendaftar. Kemudian, dengan berkuliah tatap muka terbatas di tempat tujuan maka mahasiswa dapat mengeksplorasi keragaman daerah sekaligus berkuliah secara daring untuk mengikuti 5.000 mata kuliah yang ditawarkan ratusan perguruan tinggi.

Ketua Pengelola Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka USN Kolaka, Kamaruddin menjelaskan setelah dilakukan rapat bersama akhirnya terpilih 10 mahasiswa yang akan wakili usn kolaka, dari dua puluh lebih pendaftar, kesemuanya yang dinyatakan lolos sudah dibekali bahkan ada yang sudah mulai melakukan kuliah di kampus lain.

Ia menambahkan program pertukaran mahasiswa merdeka telah diikuti usn kolaka sejak tahun lalu. Adapun yang lolos tahun ini berasal dari empat fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, perikanan dan peternakan (FPPP), Fakultas Sains dan Teknologi (F-Saintek) dan fakultas Teknologi Informasi (FTI).

“Kami sangat bangga karena kembali masuk dalam program pertukaran mahasiswa merdeka, dan tentunya kita berharap yang terpilih bisa meningkatkan pengetahuannya serta memberikan terbaik kemampuannya yang tentunya bisa mengharumkan nama USN Kolaka,” ujarnya, 11 Agustus 2021.

Untuk diketahui, syarat mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka yaitu perguruan tinggi wajib memberikan konversi dan pengakuan sistem kredit semester (SKS) sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti program ini.

Selain itu, persyaratan lainnya yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa adalah:

1. Mahasiswa aktif dan terdaftar pada pangkalan data pendidikan tinggi (pd-dikti) pada semester 3 sampai dengan 8

2. Mahasiswa peserta program pertukaran mahasiswa merdeka di seluruh indonesia hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti dan memperoleh bantuan biaya program pertukaran mahasiswa merdeka

3. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 2.75 dan/atau berprestasi sekurang-kurangnya ditingkat provinsi yang ditunjukkan dengan bukti yang resmi

4. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif

5. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim

6. Bersedia mentaati seluruh ketentuan yang tertulis di dalam pob program pertukaran mahasiswa merdeka.

 

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed