oleh

Bupati Koltim Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Mowewe

Nasionalinfo.Com, Kolaka Timur – Bupati Koltim Hj. Andi Merya, S.IP melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Rakyat Mowewe, di Desa Sabisabila Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara. Rabu, 18/8/2021.

Ikut mendampingi PJ Sekretaris Daerah Muh. Iqbal Tongasa, S.STP, Asisten 1, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kapolsek Mowewe, Camat Mowewe dan Kepala Desa Sabisabila. Peletakan batu pertama pasar rakyat Mowewe tetap dengan menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat, masuk area peletakan batu pertama wajib menggunakan Masker, mencuci cuci tangan, menggunakan hansanitizer dan menggunakan alat pelindung diri proyek ( APD ).

Dalam sambutannya Bupati Bupati , Hj. Andi Meya, S.IP menyampaikan dan memberikan aspresiasi terimakasih kepada Kepala Pasar Mowewe Beriping atas kinerja yang telah dilaksanakannya karena pasar rakyat di Kecamatan Mowewe telah terlihat rapih dan bersih.

” Saya berterimakasih kepada pengelolah ( Kepala pasar) yang baru ini bapak Brifing, Alhamdulillah lokasi pasar mowewe mulai dari depan hingga belakang termasuk got gotnya kini kelihatan sudah nampak terlihat bersih tidak seperti sebelumnya dulu kelihatan kumu namun sekarang setelah dikelolah oleh kepala pasar yang baru telah mengalami perubahan menjadi bersih,” ucap Andi Merya.

Ketgam : Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur saat meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Rakyat Mowewe

Bupati juga berpesan agar Kepala pasar terus meningkatkan dalam menjaga kerapihan dan kebersihan pasar rakyat dan tetap berkordinasi dengan Dinas kebersihan agar sampah pedagang tidak berserakan dan mengotori pasar.

” tetap berkordinasi dengan Dinas Kebersihan, karena kalau pasarnya bersih dan rapih penghuni pedagang pasar maupun pembeli selain sehat bisa merasa nyaman dalam transaksi jual beli diwilayah pasar rakyat mowewe ini nantinya, Karena uang yang digunakan untuk membangun ini juga kan uang rakyat juga jadi dari rakyat kembali untuk rakyat.” Tutur Andi Merya.

Lebih lanjut didalam sambutannya Andi Merya menerangkan Bahwa pasar pasar tradisional dibangun merupakan salah satu hal sektor yang penting dalam tolak ukur perekonomian.

” Saat ini pasar tradisional masih menjadi sektor penting dalam menggerakan ekonomi utamanya di Kecamatan Mowewe. Karenanya, pembangunan pasar di Kecamatan Mowewe dinilai penting untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pembangunan pasar tentu akan membuat kepercayaan masyarakat akan pasar rakyat mengkat dan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan pasar, serta ekonomi masyarakat kedepannya,” ungkapnya.

Pembangunan ini tidak hanya dengan pembangunan fisik semata tetapi juga merubah pola pikir pedagang didalam berjualan yang bersih, serta higienis yang tidak mengurangi konsep pasar rakyat, yaitu proses jual beli dan tawar menawar harga.

“Dengan melakukan peletakan batu pertama pasar rakyat mowewe ini . Dengan harapan yang pertama, masyarakat mengetahui bahwa pasar sedang kita bangun, yang kemudian tentu dengan membuka partisipasi publik untuk mengawasi jalan pembangunan pasar ini, karena sama sama kita ketahui bersama pasar ini di bangun dari uang rakyat,” jelasnya.

Demi keterbukaan dan taransparansi fungsi dari pengawasannya masyarakat juga harus ikut terlibat. Oleh karena itu setiap ada kegiatan, insya allah saya launching (buka) supaya membuka partisipasi publik dalam rangka pengawasan. Dalam pembangunan pemerintah itu bukan mau monopoli namun bagian dari milik kita bersama.

“Saya sangat berharap pasar rakyat mowewe setelah di bangun pasarnya akan menjadi rapi, tertib, dan semoga pedagangnyapun bertambah berkah. Dari itu saya berpesan agar seluruh pedagang dapat menjaga kebersihan pasar dan memelihara kerukunan antar sesama pedagang,” pesan Bupati Kolaka Timur.

Andi Merya juga berharap semoga setelah selesai dibangunnya pasar ini semoga ditahun tahun berikutnya juga ada lagi pasar yang dibangun dan terus bisa berkesinambungan dalam setiap tahunnya terus ada pasar yang dibangun disetiap kecamatan pada 12 kecamatan sekabupaten Kolaka Timur, Namun yang lebih utama saya berharap semoga tepat guna dan bermanfaat bagi para pedagang dan pembeli masyarakat terkhusus di Kecamatan Mowewe ini, maka dari itu saya mengajak pada masyarakat Mowewe untuk sama sama mengawal dan mengawasi pekerjaan pembangunan pasar ini agar nantinya saya berharap juga dalam pengerjaan pasar ini bisa dikerja dengan baik selesai tepat pada waktunya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Kolaka Timur, menyampaikan tujuan dilaksanakannya pembangunan pasar rakyat Mowewe adalah demi mewujudkan pasar yang bersih, sehat higenis aman tertib dan ruang pablik yang nyaman, meningkatkan kesempatan berusaha, meningkatkan manajemen pengelolahan pasar rakyat, meningkatkan omset pedagang pasar rakyat, meningkatkan kontribusi sektor perdagangan terhadap perekonomian daerah, menjaga kesetabilan harga, mendorong kelancaran arus barang.

” waktu pelaksanaan sesuai kontrak yaitu dimulai tanggal 27 Agustus – 23 Desember 2021,  Sumberpendanaan kegiatan pembangunan pasar rakyat Mowewe ini bersumber dari dana tugas pembantuan anggaran pendapatan dan belanja negara Kementrian perdagangan Republik Indonesia (RI) tahunb2021. Dengan jumlah nilai total anggaran kegiatan pembangunan pasar rakyat mowewe ini sebesar 3 Miliar 650 Juta Rupiah.” Jelasnya.

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed