oleh

Breaking News : Bupati Kolaka Timur Didemo Warganya, Ini Penyebabnya.

Nasionalinfo.com, Koltim – Ratusan massa kembali datangi Kantor Bupati Koltim guna menyampaikan aspirasi tuntutannya Terhadap Pemda Koltim dan Perusahaan Perkebunan Sawit PT Sari Asri Rezki Indonesia Di Kantor Bupati Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Rabu 17/7/2019.

Masa melakukan aksi unjuk rasa seperti yang pernah dilakukan sebelumnya ditempat dan tujuan yang sama di Kantor Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait regulasi ganti rugi rumpun pohon sagu ini sudah yang ke 6 kalinya dilakukan dengan aksi serupa pada 28 maret 2019 lalu.

Massa mendatangi kantor bupati sekitar pukul 10.30 Wita. Massa datang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Sebagian besar massa adalah ibu-ibu.

Lagi – lagi ratusan masa yang datang kwmbali kecewa dikarenakan tidak berhasil menemui Bupati Koltim Tony Herbiansyah. Informasi yang dihimpun. Tony sedang keluar kota ada di Kendari.

Koordinator Lapangan Djabir Teto Lahukuwi juga merasa kecewa dengan tidak adanya Bupati Koltim. Dalam orasinya, jabir menganggap investasi kelapa sawit di Rawa Tinondo mengabaikan banyak aturan, di antaranya Inpres Nomor 8 tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perkebunan serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit.
Selain itu, PT SARI juga melanggar Peraturan Pemerintah RI Nomor 73 Tahun 2013 tentang Rawa, Peraturan Pemerintah RI Nomor 57 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut, Peraturan Pemerintah RI Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta Peraturan Menteri Pertanian Nomor 5 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perizinan Berusaha Sektor Pertanian.
Massa diterima Kepala Kesbang Pol Sahibo di ruangan asisten I. Delapan orang perwakilan massa yang diajak.

Kepada perwakilan Sahibo menjelaskan pemda hanya sebatas fasilitator dalam masalah antara ahli waris dan PT SARI.“Saya juga akan segera menyampaikan aspirasi bapak sekalian kepada Bupati selaku pimpinan di pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur. Apapun hasilnya pasti akan saya sampaikan kepada bapak ibu sidara sekalian.”ujarnya Sahibo dihadapan perwakilan massa.

Informasi terakhir yang dihimpun hingga berita ini dirilis Nasionaljnfo.com. pukul 15:00 wita Masa pendemo masih berada di area lokasi Tribun Lapangan Lalingato, yang rencananya pengunjuk rasa akan tinggal hingga Jam 18:00 jika belum ada tanggapan dari Bupati Koltim Tony Herbiansyah masa akan segera bergeser menduduki lahan perkebunan sawit di Tinondo.

Laporan: Abdul Rahim
Editor : Andri Ovianto

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed