oleh

Bantuan Internet Di Koltim Dari Kementerian Kominfo Merupakan Perjuangan SBM  

Nasionalinfo.Com, Kolaka Timur – Plh Bupati Kolaka Timur ( Koltim), Andi Muh. Iqbal Tongasa S.STP, M.Si bersama Diskominfo Koltim, Nyoman Abdi menyerahkan bantuan Internet dari Kementerian Kominfo secara simbolis Kepada kepala Desa yang mendaaptkan bantuan, yang dilaksanakan di lantai 3 Kantor Bupati Koltim dengan tetap memperketat Protokol kesehatan (Prokes) Covid -19. Rabu, 29/9/2021.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi I DPRD Kolaka Timur Drs. AMIN. W beserta para Camat Kepala Desa dan pimpinan OPD di lingkup Pemkab Koltim. Bantuan internet desa yang diserahkan ini, senanyak 24 titik yang akan disebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kolaka Timur.

” Penyerahan bantuan internet desa kepada sejumlah desa yang ada di Koltim merupakan Upaya Pemda Koltim untuk menghadirkan layanan internet di pelosok terutama pada wilayah Blank Spot area, hal ini salah satu bagian dari Visi progran Bupati Almarhum H.Samsul Bahri sebelum wafat yakni Visi Misi Sejahtera Bersama Masarakat yang Amanah Mandiri dan Berkeadialan (SBM) AMAN,” ucap Plh Bupati Koltim Andi Muh.Iqbal Tongasa S,STP, M.Si dalam sambutannya.

Kata Iqbal, sebelum program ini internet desa yang saat ini telah diserahkan sebelumnya merupakan upaya perjuangan Bupati Almarhum H.Samsul Bahri saat usulan musrembang kecamatan seperti Kecamatan Uluiwoi dan Kecamatan Ueesi dimasa kepemimpinan Almarhum Bupat Koltim Almarhum Samsul Bahri yang dilanjutkan oleh Bupati pengganti Hj. Andi Merya, S.IP.

” Bantuan peralatan internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merupakan program Kementerian Kominfo yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim, ” bagian dari visi misi SBM sebagaimana sebelumnya Bupati Almarhum H.Samsul Bahri bersama Andi Merya yang awalnya pernah perjuangkan atas usulan desa terkait pengadaan peralatan jaringan internet saat laksanakan usulan Musrembang kecamatan di Kecamatan Uluiwoi Kecamatan Ueesi, dan itu merupakan salah satu bagian yang masuk dalam program visi misi SBM sehingga telah diusulkan kekementrian Kominfo RI kemudian setelah Bupati Almarhum Samsul Bahri tiada selanjutnya Bupati kita Ibu Hj Andi Merya mengutus kepada saya bersama Kadis Kominfo Nyoman Abdi diperintahkan kejakarta guna pengajuan kembali kekementrian Kominfo RI di Jakarta demi mendapatkan bantuan peralatan jaringan internet yang alhasil alhamdulilah kini Kabupaten Kolaka Timur telah mendapatkan bantuan peralatan jaringan internet desa yang tersebar di 24 titik desa pada enam Kecamatan, ini semua patut untuk kita bersyukur walaupun daerah kita Koltim ini bukan wilayah 3T namun dari sejumlah Kabupaten untuk Provinsi Sulawesi Tenggara kita satu satunya Kabupaten yang mendapat urutan pertama yang telah mendapatkan bantuan intrnet desa ini,” Tutur Iqbal.

Ketgam : Plh Bupati Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, S,STP,. M.Si

Lebih lanjut Andi Muh.Iqbal Plh Bupati dalam sambutannya menyebut bahwa visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Koltim Periode  2021-2026, visinya yaitu “Sejahtera Bersama Masyarakat Kolaka Timur yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan ” dimana salah satu misinya yakni, peningkatan kualitas sumber daya manusia berbasis ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta budaya lokal. Berdasar atas misi tersebut merupakan bagian kebutuhan dasar masyarakat kita, salah termasuk didalamnya : Telekomunikasi dan Informasi yang saat ini bahan bakunya disebut internet.

“di era Globalisasi ini, Tekhnologi Informasi dan Komunikas atau TIK, menjadi peran yang sangat penting, sebab pemanfaatan TIK bukan saja pada dunia industri, tapi juga pada organisasi pemerintahan yang dikenal dengan Pemerintahan-Elektronik atau e-Goverment. Dan salah satu proses mewujudkan visi misi Kolaka Timur tersebut, adalah dengan mengembangkan cara mekanisme e-Government,” Ungkap Iqbal .

Iqbal berharap agar mayarakat yang ada disekitar dapat menikmati manfaat daripada fasilitas jaringan internet yang telah diberikan oleh pemerintah.

” tentu saya berharap agar masyarakat yang ada di pelosok Ueesi, Ulu Iwoi, Aere dan Lambandia dapat menikmatinya seperti yang ada di Tirawuta,” Harapnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Koltim, Nyoman Abdi dalam laporannya menyampaikan bawa bantuan peralatan internet tersebut masih ada campur tangan dari Bupati Andi Merya

“Bantuan peralatan internet yang didapatkan pemkab Koltim merupakan tindak lanjut buah hasil upaya dari ibu Andi Merya yang selaku bupati Koltim yang memperjuangkan alat tersebut. Alat ini bukan datang dengan sendirinya akan tetapi ada campur tangan perjuangan dari Bupati Andi Merya ,” ujarnya.

Ketgam : Kadis Kominfo, Nyoman Abdi saat menyerahkan secara simbolis bantuan Internet

Lanjut Nyoman Abdi, dalam pengoprasian peralatan internet dengan menggunakan antena sehingga langsung berhubungan dengan satelit.

“Alat tersebut agar dipergunakan secara baik sehingga nanti alat internet ini dapat berguna bagi warga di desa dan dapat mengetahui apa yang terjadi melalui internet,”Terang Nyoman.

Diketahui setelah usai acara penyerahan Bantuan layanan internet desa sekaligus dilanjutkan dengan rangkaian penyerahan SK Plt Kepala Badan Penenggulangan Bencana BPBD Koltim kepada Syarif, S.pd, M.Pd menggantikan Ansarulah Kepala BPBD Koltim sebelumnya yang saat ini sementara menjalani proses hukum di KPK. SK pengangkatan PLT diserahkan oleh Plh Bupati Koltim Andi Muh. Iqbal Tongasa, S,SPT, M.Si.

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed