oleh

16 Tahun Bersama Membangun Kolaka Utara Menuju Masyarakat Madani

Nasionalinfo.Com, Lasusua – Wakil Bupati Kolaka Utara H. Abbas, Se, secara resmi membuka perayaan Hari Jadi Kabupaten Kolaka Utara Ke 16 yang di pusatkan di Alun – Alun Kota Lasusua, Kolaka Utara. Jumat 3/1/2020.

Turut hadir dalam acara pembukaan semarak Hut Kolaka Utara ke 16, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Para OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta masyarakat Kabupaten Kolaka Utara.

Dalam perayaan hari Jadi Kolaka Utara ( 7 /1/2020 ) akan digelar kegiatan Lomba Dangdut untuk kecamatan, Lomba Dancer Cilik, Lomba Fashion Show untuk OPD, Pemilihan Putra – putri Pariwisata. Selain itu Pemda Kolaka Utara juga akan menggelar Tabligh Akbar , lomba kakao sehat dan minum coklat bersama yang berlangsung sejak 3 – 7 Januari 2020.

Usai Upacara Hut Kolaka Utara pada 7 Januari mendatang tiap – tiap kecamatan akan mengikuti karnaval dengan menggunakan pakaian adat serta pakaian kreasi lainnya yang akan digunakan untuk menyemarakkan kegiatan tersebut.

H. Abbas dalam sambutannya mengatakan, ” Pelangi Kolaka Utara ” adalah agenda rutin daerah Kabupaten Kolaka Utara yang di selenggarakan setiap tahun, sebagai hari peringatan ulang tahun Kolaka Utara.

” acara ini merupakan repleksi rasa sukur kita kepada Allah swt, karna atas izinnya daerah kita mekar menjadi sebuah daerah otonomi yang berdiri sendiri seperti adanya saat ini “, ucap Wakil Bupati Kolut.

Lanjut kata Abbas, tentu kita masih ingat bahwa sebelum di mekarkan daerah kita ini adalah sebuah daerah tertinggal dan nyaris terisolasi, dengan otonominya daerah ini, di sertai tekat yang kuat untuk melihat daerah kita yang lebih maju, Kolaka Utara saat ini jau lebih berkembang di bandingkan kondisi sebelumnya. Kita dapat berbangga diri, bahwa kita tidak tertinggal di bandingkan daerah – daerah lain yang ada di provinsi Sulawesi tenggara.

” Selain repleksi rasa syukur Pelangi Kolaka Utara juga berjuang untuk memberikan alternatif hiburan kepada masyarakat, melalui rangkaian patularan seni yang berlangsung hingga pada 7 Januari 2020 di tempat ini “,

Di ajang ini kita memberikan ruang untuk represi kepada generasi mudah yang memiliki bakat seni untuk berlomba dan berkompotisi di bidang seni, harapan kita tentu akan muncul talenta talenta seni yang dapat mengharumkan nama Kolaka Utara pada jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai memen ulang tahun adalah sebuah hal wajar jika ada suka cita dan ada eporia yang menyertai di acara ini, namun saya berharap kita tidak berlebihan dan tetap dalam koridor yang sesuai dengan budaya dan agama kita. kita tidak berharap acara ini di warnai perilaku negatif yang hanya akan mencederai rasa sukur kita kepada sang penciptah.

Pilosopi pelangi Kolaka Utara, sejatinya menggambarkan wajah Kolaka Utara yang sesunggunya, seperti pelangi yang terbentuk pemusa warna warni yang berbedah, Kolaka Utara juga di huni masyarakat berbagai suku agama dan budaya, status sosial dan berbagai latar belakang yang berbeda, namun seperti halnya pelangi yang indah adanya perbedaan warna. begitu pula dengan masyarakat Kolaka Utara, kita tidak pernah menjadikan perbedaan suatu masalah apa lagi sumber komplik.sebaliknya kita tidak perna menjadikan perbedaan itu suatu masalah,apa lagi sumber komplik, sebaliknya kita menjadikan perbedaan itu sebagai konstruksi siraturahmi yang kuat hingga kita kuat bahu membahu menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan di daerah ini.

Kedepan persatuan bingkai siraturahmi ini harus terus di pupuk ditumbuh kembangkan karna inilah modal dasar yang paling berharga untuk melaksanakan agenda segalah pembangunan yang telah di rencanakan.

” Mari kita gembirakan pelangi Kolaka Utara dengan kegembiraan yang wajar dan tidak berlebihan. Mari kita senan tiasa mensyukuri nikmat mekarnya kabupaten Kolaka Utara dengan cara bekerja keras mengisi pembangunan di segalah sektor agar cita-cita kita mewujudkan masyarakat Madani agar segerah tercapai “, Harap Wabup H. Abbas

Usai membawakan kata sambutan, Wabup H. Abbas di dampingi Ketua DPRD, Kapolres, Kajari dan Danramil Lasusua memukul tong sebanyak 16 sebagai tanda pembukaan semarak HUT Kolaka Utara ke 16

Laporan : Musriadi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed