oleh

USN Kolaka Menuju Kampus Modern Era Digital 4.0

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Menuju kampus yang moderen di era Digital 4.0 tentu tidak mudah segampang membalikkan telapak tangan. Butuh perjuang dan lika liku dalam mewujudkannya.

Di temui di sela sela kegiatan pelatihan penyusunan Proposal LOAN, Rektor USN Dr. Azhari menuturkan, Alhamdulillah, sore ini tim Kemdikbud yang kami undang sejak tahun lalu berkesempatan hadir untuk mengisi materi tehnik penyusunan proposal pembangunan melalui sumber dana Loan. USN 2019 dan 2020 Allhamdulillah dipercaya untuk mengelola dana SBSN untuk pembangunan kampus USN di Tangketada dan Mawasangka.

” Tahun ini kampus Tanggetada Insha Allah kita dapat program Rusun Mahasiswa dari Kementerian PUPR “, ucap Azhari sembari tersenyum.

Masih kata Azhari, Tahun ini pembangunan awal gedung Auditorium USN di tanggetada akan segera di mulai, sedangkan 2 gedung fakultas dan perpustakaan akan dimulai tahun depan.

Insha Allah tahun 2021 pembangunan USN di Tangketada rampung untuk 6 gedung fakultas. Sisa 2 fakultas lagi 

Azhari berharap, dengan adanya pelatihan penyusunan proposal Loan dapat memperoleh dukungan yang bersumber dari dana Loan, kendati banyak hal yang harus dipersipakan dalam penyusunan proposal tersebut untuk pembangunan fakultas kesehatan terpadu beserta rumah sakit akademis.

” Bantuan Loan Cukup besar berkisar 300 – 500 Milliar, jika tahun ini kita masukkan dan di setujui maka insya Allah tahun 2021 dananya akan kita gunakan untuk pembangunan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang nantinya akan mempunyai Rumah sakit akademisi sendiri. Seperti contoh Unhas punya rumah sakit sendiri. “, ucap Azhari sembari mencontohkan.

Menurut Azhari kendala yang di hadapi saat ini adalah status lahan USN yang berada di Kecamatan Baula sampai hari ini belum selesai. Namun dirinya baru akan bersurat ke pemda Kolaka dalam hal ini Bupati Kolaka H. Ahmad Syafei  agar status tanah tersebut secepatnya bisa di selesaikan.

” Kita baru akan menyurat ke Bupati, semoga status tanah yang di baula cepat Selesai biar proposal untuk mendapatkan dana Loan Bisa kita ajukan tahun ini “, ujar Azhari.

Sementara itu Perwakilan Kemendikbud, Dyah Kartiningdyah, SE, MM, M.Ed, bagian Sarana dan Prasarana kepada awak media menjekaskan bahwa kehadiran dirinya di Kampus USN atas undangan Kampus USN Kolaka dalam hal ini Rektor Dr. Azhari guna memberikan pelatihan penyusunan proposal Loan.

Loan itu adalah pendanaan pinjaman luar negeri yang diatur dalam permen Bapenas yang tentunya ada persyaratan dan ketentuan – ketentuan yang harus di ikuti.

” Kita berharap supaya USN bisa mendapatkan pendanaan Loan. Loan ini jangka panjang, kita harus lihat dulu Master plannya seperti apa, serta projeknya sampai di mana “, bebernya

Menurut Dyah, syarat yang harus di penuhi USN Kolaka adalah terkait Tema atau Center of Excelent dari USN seperti apa. Misalnya kearifan lokal dipertambangan, berarti nanti fokusnya dipertambangan.

” Nanti USN akan pemaparan dulu di Bapenas, jadi yang menetukan Bapenas layak atau tidaknya USN mendapatkan pendanaan dari Loan, kita berharap USN bisa mendapatkan Pendanaan Loan “, tutup Dyah Kartiningdyah.

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed