oleh

Tak Ingin Telantarkan Penumpang, Syahbandar Kolaka Datangkan Kapal Extra Trip

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Tak ingin menelantarkan penumpang, Syahbandar Kolaka akhirnya memberangkatkan ratusan penumpang melalui kapal feri tujuan Bajoe Sulsel pada Senin (30/12) dini hari Wita. Dimana sebelumnya para penumpang sudah pasrah menunggu di area pelabuhan untuk pemberangkatan pada trip esok hari.

Pantauan di lapangan, petugas Syahbandar bersama BTPD dan personel Polsek KP3 tampak sibuk membantu para penumpang masuk ke dalam kapal. Bahkan untuk mempercepat pemberangkatan, kendaraan dinas kepala Syahbandar juga digunakan mengangkut penumpang dan barang bawaannya masuk ke dalam kapal yang berjarak sekira 200 meter dari pintu masuk pelabuhan. Situasi yang berlangsung sekira 1 jam itu dipimpin langsung Kepala Syahbandar Kolaka, Hasfar.

“Ini pemberangkatan ekstra trip. Kami mendatangkan kapal yang dari Bajoe untuk menambah trip pelayaran. Malam ini kita berangkatkan jam 2 dini hari,” ujar Hasfar saat ditemui di area Pelabuhan Feri Kolaka, Senin (30/12) dini hari.

Ia mengungkapkan, pihaknya terpaksa memberangkatkan kapal di luar jadwal, untuk menghindari penumpukan penumpang. Dalam kapal yang diberangkatkan terdapat empat bus dengan jumlah penumpang 289 orang.

“Namun masih ada dua bus yang tertinggal dengan jumlah penumpang kurang lebih 70 orang. Kalau dinaikkan semua ini akan over kapasitas ini kapal. Nah makanya kami Syahbandar dengan dari petugas BPTD dan Polsek KP3 bahwa dua bus ini kita tidak dimuat karena kapal over kapasitas,” tuturnya.

Dalam pelayaran, Syahbandar mengutamakan keselamatan dan
kenyamanan penumpang. Makanya kata Hasfar, dalam pemuatan penumpang harus disesuaikan dengan kapasitas kapal.

“Jadi sekali lagi saya katakan, kita tidak pernah menelantarkan penumpang, kita tidak ada indikasi apa-apa. Hanya satu tujuan yaitu keselamatan pelayaran dan kenyamanan penumpang,” tandasnya.

 

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed