oleh

SAH, KPU Koltim Tetapkan SBM Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Nasionalinfo.com, Kolala Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) secara sah menetapkan pasangan calon Samsul Bahri Madjid – Andi Merya Nur sebagai pemenang dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Pasangan dengan tagline Samsul Bersama Mery (SBM) ini ditetapkan setelah unggul mengalahkan pasangan Tony Herbiansah-Baharuddin dalam meraih suara masyarakat.

Pasangan SBM meraih sebanyak 38.409 (52,6%), sementara Tony-Baharuddin hanya memperoleh 34.630 suara (47,4%), atau terpaut 3.779 Suara.

KPU Koltim menghitung, jumlah suara yang dinyatakan sah mencapai 73.039,sementara yang dinyatakan tidak sah sebanyak 509 suara.

Dengan digelarnya rapat pleno terbuka yang digelar Kamis (21/1/2020) maka tahap berikutnya yang akan dilakukan adalah paripurna DPRD Koltim serta pelantikan bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias dalam sambutannya mengatakan, di penghujung pelaksanan pilkada sekiranya situasi keamanan dan ketertiban bisa tetap terjaga dengan baik.

“Jangan sampai tindakan kita dapat memicu gangguan kemanan yang selama ini kondusif. Mari kita buktikan kepada bangsa bahwa Koltim dapat melakukan suksesi pemilihan kepemimpinan dengan aman, tertib, demokratis dan bermartabat,” katanya.

Bagi yang ditetapkan sebagai pemenang pilkada Nengtias menghimbau pula agar jangan melakukan eforia secara berlebihan apalagi di tengah pandemi covid19 melanda negara kita.

Nengtias juga mengatakan, dengan ditetapkannya bupati dan wakil bupati terpilih maka jika selama ini terjadi pengkotak-kotakan (beda pilihan)di dalam kelompok masyarakat agar sekiranya dapat dilebur, sehingga tak ada lagi kelompok paslon 01 maupun 02 tetapi bagaimana merapatkan barisan secara bersama-sama menuju cita-cita pembangunan Koltim yang diinginkan.

Tak lupa didalam sambutannya, Nengtias menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan jalannya pesta demokrasi di Koltim sehingga berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Kabupaten Kolaka Timur merupakan salah satu dari tujuh daerah yang partisipasi pemilihnya mencapai angka 85 persen lebih. Sebagai Ketua KPU Provinsi.
Laode Abdul Natsir merasa bangga dan sangat mengapresiasi pencapaian angka partisipan dari pemilih dalam pilkada pada tanggal 9 Desember kemarin di wilayah Kabupaten Kolaka Timur.

Disebutkan, angka itu jauh diatas rata-rata dari beberapa daerah yang menggelar pilkada tahun 2020 di seluruh Indonesia. Nasir menyadari bahwa pencapaian tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dari semua kalangan penyelenggara pemilu (termasuk Bawaslu), stack holder, pasangan calon itu sendiri, LO, tim kampanye dan juga kesadaran masyarakat Koltim dalam menyalurkan hak pilihnya, meskipun adanya klaster penyebaran covid19.

Nasir juga mengacungkan jempol kepada semua pihak sebab di pilkada Koltim tidak menimbulkan polemik seperti sengketa pemilihan, Pemilihan Suara Ulang (PSU).

“Saya juga mengapresiasi kinerja KPU Koltim karena paling cepat dalam merekap perhitungan cepat hasil pemungutan suara ditingkat TPS hingga 100 persen,” sanjungnya.

Ditambahkan, selanjutnya bagaimana hasil penetapan ini bisa segera diparipurnakan oleh Dewan yang kemudian disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur. Rencananya, pelantikan pasangan calon SBM akan dilaksanakan pada 17 Februari 2021 (bulan depan).

Saat diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah kata, Samsul Bahri Madjid (bupati terpilih) menyampaikan, dari segi yuridis formal tahapan pemilihan tersisa dua tahap lagi yaitu paripurna dan pelantikan.

Dikatakan, kemenangan yang diraih oleh SBM adalah ketetapan dari Yang Maha Kuasa yang sama sekali tidak bisa terbantahkan. Kemenangan yang menjadi harapan lapisan masyarakat Koltim.

 

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed