Pj Bupati Sulwan Aboenawas Lantik & Kukuhkan Pengurus Mabiran, Kwarran, LPK serta BKRGP Tahun 2022

Nasionalinfo.Com, Kolaka Timur – Pj Bupati Sulwan Aboenawas selaku Ketua majelis pembimbing cabang gerakan Pramuka Kolaka Timur melantik dan mengukuhkan pengurus Mabiran, Kwarran, LPK dan Dadan Kehormatan Ranting Gerakan Pramuka ( BKRGP ) Kolaka Timur tahun 2022 di Aula Pemda Koltim. Senin, 25/4/2022.

Pelantikan tersebut mengusung tema “Bersama kita memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai kepramukaan dan ikhlas bakti bina bangsa berkarakter, berbudi bawa laksana untuk mewujudkan tujuan gerakan Pramuka” dengan motto “Sattyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,”.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua dan wakil Ketua DPRD serta anggota, Kapolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, Kepala BNN Kolaka, Pj Sekda Kolrim, Kepala SKPD, Kandepak, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, para camat, Kapolsek Tirawuta, Danramil Tirawuta,, Kepala Desa Poni-poniki, Simbune, dan Lalingato, Tokoh Masyarakat, Kepala Puskesmas Tirawuta, dan para pelatih dan pembina cabang LPK serta Ketua kwartir ranting LPK, Badan kehormatan dan Ketua Mabigus gerakan Pramuka se-Koltim.

Sulwan Aboenawas selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kolaka Timur dalam sambutannya mengucapakan selamat kepada Ketua beserta jajaran pengurus Mabiran, Kwarran, LPK dan BKR ranting gerakan Pramuka se-Kolaka Timur masa bakti 2022-2025 yang baru saja dilantik.

” Semoga dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik serta penuh tanggung jawab,” ucap Sulwan Aboenawas.

Sulwan berharap dengan kepengurusan yang baru ini, gerakan Pramuka di kecamatan se-Koltim dapat lebih maju dan meningkat. Serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggungjawab dan ikut serta dalam pembangunan daerah, sebagaimana tema di atas sesuai tujuan gerakan Pramuka, LPK, Kwarran dan BKR pengurus Mabiran. Gerakan Pramuka kwartir ranting mempunyai dan mengendalikan gerakan Pramuka dan kegiatan kepramukaan di kecamatan. Hal ini tentunya sejalan dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010 tentang pendidikan kepramukaan.

“Sebagaimana yang kita lihat telah terjadi di mana generasi kita mulai meninggalkan Pramuka dan lebih tertarik pada kegiatan-kegiatan lain. Bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti, penyalahgunaan narkoba, perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan masalah, tantangan tersebut harus kita carikan solusinya dengan melibatkan mereka dalam gerakan Pramuka. Untuk itu diharapkan agar gerakan Pramuka menjadi agen perubahan, dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih terus terjadi sampai saat ini. Pengurus dan anggota Pramuka harus menjadi contoh bagi masyarakat, serta ikut mensosialisasikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan vaksinasi yang sedang gencar-gencarnya kita laksanakan,” jelas Sulwan.

Masih kata Sulwan, jadikan pelantikan hari ini sebagai momentum untuk meningkatkan solidaritas dalam merumuskan langkah-langkah strategis bagi peningkatan kuantitas dan kualitas pembinaan gerakan Pramuka di kecamatan se-Koltim kedepannya.

“Kepada pemimpin dan pengurus Mabiran, Kwarran LPK dan BKR ranting gerakan Pramuka se-Kolaka Timur terdahulu, saya ucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan sumbangsihnya selama ini yang telah mengharumkan organisasi Pramuka baik di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara maupun tingkat Nasional. Semoga semua pengabdiannya selama ini dicatat sebagai amal ibadah serta mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, Tuhan YME,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Sulwan Aboenawas membacakan sebuah pantun yang berbunyi “ Indah sungguh si bunga asoka, tersusun rapi di dalam jambangan. Bersama kita majukan gerakan Pramuka, mencetak pemimpin di masa yang akan datang. Anak Pramuka sedang berkemah di tepi laut indah pemandangannya, gerakan Pramuka mitra Pemerintah Daerah berkontribusi nyata dalam pembangunan.

Laporan : Abdul Rahim

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *