Permudah Akses Warga Menuju Jalan Usaha Tani, Antam Bangun Jembatan di Totobo

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Pemerintah dan warga Desa Totobo sangat bersyukur dengan adanya PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka di Kabupaten Kolaka. Pasalnya, perusahaan milik negara itu telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kecamatan Pomalaa yang merupakan wilayah operasional perusahaan, termasuk di Desa Totobo.

Terbaru, Antam membangun jembatan di Dusun III di Desa Totobo. Pembangunan jembatan tersebut telah tuntas dan manfaatnya kini telah dirasakan oleh warga setempat. Serah terima penggunaan jembatan tersebut dari Antam ke pihak Pemerintah Desa Totobo dilakukan Kamis (14/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kolaka, Agus yang turut hadir menyaksikan serah terima penggunaan jembatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Antam. Menurut Agus, perusahaan tambang itu telah banyak membantu pembangunan infrasturktur di desa, khususnya yang ada di Kecamatan Pomalaa.

“Bantuan pembangunan jembatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa Totobo. Karena, di sini banyak potensi hasil tambak sehingga bisa memudahkan mereka untuk menganggut hasil-hasil tambaknya. Selain itu, jembatan ini juga menjadi penghubung antar desa bahkan antar kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Totobo, Nirwani mengungkapkan, pembangunan jembatan tersebut berawal dari usulan pihaknya yang disampaikan kepada pihak Antam saat musyawarah rencana pembangunan Pomalaa (musrenpom). Untuk itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada pihak Antam yang telah merespon usulan tersebut.

“Alhamdulillah jembatannya telah selesai dibangun dan manfaatnya sekarang telah dirasakan. Bantuan ini sangat berarti bagi kami, karena anggaran untuk pembuatan jembatan seperti ini bagi kami di pemerintah desa itu sangat besar, sementara anggaran di desa itu tidak begitu besar,” tuturnya.

Nirwani mengatakan, jembatan tersebut awalnya hanya terbuat dari kayu dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Namun berkat bantuan Antam, jembatan yang terbuat dari beton itu kini sudah bisa dilalui oleh mobil.

“Jembatan ini merupakan akses menuju jalan usaha tani. Jadi, keberadaan jembatan ini memudahkan warga untuk mengangkut hasil tambaknya,” ungkapnya. Serah terima penggunaan jembatan di Desa Totobo juga turut disaksikan oleh Camat Pomalaa, Mirdan Athar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *