oleh

Peresmian Wisata Sawah sebagai Icon Wisata Sawah Pertama di Sumatera Utara

 NASIONALINFO.COM – SUMUT: Hebatnya sistem pengkaderan dan pengembangan sumber daya manusia serta pemanfaatan lahan di wilayah desa pematang johar kecamatan labuhan deli kabupaten deli serdang provinsi sumatera utara .

Desa ini mampu mengembangkan area persawahan menjadi lokasi wisata sehingga menjadi Icon wisata sawah pertama di tingkat kabupaten , provinsi sumatera utara.

Di bawah binaan PT KIM Persero (Kawasan Industri Medan ), Arena wisata sawah yang sudah launching sekitar beberapa bulan lalu kini di resmikan (03/02/20).

Acara peresmian wisata sawah yang menjadi icon wisata tersebut di dahului bunyi serene di sertai dengan membuka plank desa wisata binaan PT.KIM Persero yang berada tepat di depan lokasi wisata sawah tersebut.

Pengguntingan pita menandai di bukanya lokasi wisata sawah itu di laksanakan oleh staf khusus 3 kemeneg BUMN di dampingi Wagubsu dan pejabat yang mewakili Dirut PT.KIM Persero beserta pejabat Forkopimda Sumut lainnya.

Terlihat hadir di lokasi peresmian ,staf khusus 3 Kemeneg BUMN Arya Sinulinga, Wagubsu Ir.Musa Rajeksah & Para pejabat mewakili Dirut PT.KIM Persero – Trisilo, Bupati Deli Serdang -Anshari Tambunan.

Di ikuti pula oleh Wakil Bupati Deli Serdang , Sekretaris Direksi Pelindo 1 M.Eriansyah dan Viona Sari Utami beserta unsur Forkompimda Provinsi Sumut.

Turut Hadir Rektor Fakultas- USU Untung Sitepu,Pejabat Kasipenkum, PJU Dir Polairdasu, perwakilan Pangdam BB Sumut, Waka Polres Pelabuhan Belawan, Kepala Desa Pematang Johar- Sudarman & Camat Labuhan Deli serta para undangan lainnya .

Para tamu penting yang hadir di sambut dengan tarian persembahan khas melayu binaan desa setempat, selanjutnya di isi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan indonesia raya yang di lanjutkan dengan lagu desaku , guna menyesuaikan Agenda Acara.

Berbagai support dan dukungan terus berdatangan guna pengembangan wisata sawah dan kemajuan desa pematang johar.

Salah satunya bantuan dana sebesar 50 juta rupiah dari PT KIM Persero sebagai dukungan pembina Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) yang di salurkan untuk pengembangan usaha peternak unggas bebek yang diterima oleh -sukir selaku ketua kelompok peternak di desa pematang johar.

Bantuan dari PKBL PT.KIM Persero juga menyasar kepada, TP PKK Desa Pematang Johar yang di terima ketuanya -Siti Aisyah .

Tidak sampai disitu penyerahan bantuan juga dilakukan Oleh Staff khusus 3 kementrian BUMN -Arya Sinulinga pada Siti Aisyah yang juga sebagai guru di PAUD desa pematang johar berupa buku yang di Aminkan sebagai jendela masa depan Anak bangsa

Setelahnya dilanjutkan pula dengan gelar penandatanganan bentuk kerjasama antara pihak PT.KIM dengan Kades Pematang Johar.

Di daulat memberikan kata sambutannya Kades Pematang Johar yang saat ini di jabat oleh Sudarman itu pun memaparkan profil tentang konsep wisata Sawah di desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli.

Di ceritakannya , bermula Dari sebuah gagasan berdasarkan kunjungan kerja bupati deli serdang Anshari Tambunan ke Provinsi Bali yang ke betulan Ada wisata Sawahnya , dan kala itu dirinya ikut dalam rombongan Bupati deli serdang tersebut.

Kunjungan yang sangat meng edukasi , sejak itulah Sudarman sebagai kepala desa pematang johar tertular berkeinginan agar desanya dapat menciptakan wisata sawah .

Berdiskusi dan berkordinasi serta mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat maka terciptalah wisata sawah yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018.

Sambung nya lagi , Karena PT.KIM Persero yang ke betulan letaknya berdekatan dengan desa pematang johar maka selaku kepala desa yang sejatinya sebagai pemangku ke pentingan warganya itu pun segera menyurati PT.KIM Persero.

Mendapat sambutan , PT.KIM Persero memberikan dukungan dan duduk sebagai pembina sekaligus menyalurkan CSR nya Ke Desa Pematang Johar yang gencar berinovasi dalam pembangunan desa nya seperti halnya lokasi wisata sawah yang diharapkan dapat membangkitkan roda perekonomian masyarakat sekitar , ucap sudarman.

Sisi lain bangkit nya roda perekonomian di daerah ini adalah memberikan peluang kerja kebada warga setempat , memberi peluang bagi warga desa membuka usaha berbasis kuliner , karena wisata sawah ini saban hari di kunjungi sekitar ribuan orang tambah sudarman.

Arya Sinulingga selaku Staf Khusus 3 Kementerian BUMN mengatakan, “Hebatnya Kades pematang Johar , Pemerintahan bertaraf Kabupaten dapat mendatangkan tokoh dan pejabat nasional ke desa ini gegara Wisata Sawah ” ujar Arya berkelakar.

Bentuk Apresiasi dan rasa bangga juga di perlihatkan oleh Bupati Deli Serdang H.Anshari Tambunan.

Terkait desa Pematang Johar menjadi Desa wisata sawah yang nantinya diharapkan dapat menjadikan Desa Pematang Johar mendapat predikat terbaik secara nasional atau Se-Indonesia ,harap bupati.

Bupati dalam sambutannya merasa bangga pada Sudarman selaku Kades Pematang Johar yang telah berinovasi menciptakan desa Pematang Johar menjadi Desa wisata sawah sehingga menjadikan Desa Pematang Johar terbaik kedua secara nasional atau Se-Indonesia.

Ucapan Senada pun dilontarkan Oleh Arya Sinulingga selaku Staf Khusus 3 Kementerian BUMN & Bupati Deli Serdang H.Anshari Tambunan,

“Saya senang ternyata PT.KIM Persero memperhatikan lingkungan dan membantu lingkungan sekitarnya,” ujar Mereka saling menimpali

(Edy sihotang)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed