oleh

Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Lana Gelar Pelatihan Menjahit, Komputer dan Beri Bantuan Perahu Bagi Warganya

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Manfaatkan Dana Desa dengan sebaik baiknya, Pemerintah Desa Lana Kecamatan Wolo memberikan pelatihan Menjahit dan Komputer kepada warganya serta memberikan bantuan Perahun kepada para Nelayan yang di laksanakan di Balai Kantor Desa Lana. Senin, 4/10/2021.

Pemerintah Desa Lana menggandeng salah satu lembaga Swasta LKP Genius Education center dan Yayasan Latra Global yang setara dengan BLK untuk memberikan pelatihan Menjahit dan Komputer selama satu bulan yang di ikuti 40 peserta warga Desa Lana yang di buka secara resmi oleh Kadis PMD Kolaka, Agus.

Dalam sambutannya, Kades Lana Abd Adam mengatakan, guna memanfaatkan dana desa (DD) agar bermanfaat bagi masyarakat, pihaknya melaksanakan kegiatan pelatihan bagi masyarakat. Agar meningkatkan kualitas dan kapasitas masyarakat. Sehingga melalui kegiatan ini nantinya akan berdampak besar bagi kemajuan di desa Lana. Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat yang ada di desa.

Ketgam : Kadis PMD Kolaka saat menyerahkan peralatan menjahit secara simbolisdi dampingi Kades Lana, Abd Adam

“Jadi yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 40 orang dimana 20 orang pelatihan menjahit dan 20 orang mengkuti pelatihan komputer. Untuk peserta komputer kita prioritaskan aparat desa sehingga melalui kegiatan ini tidak ada lagi aparat desa yang tidak tau komputer sehingga tidak ada lagi keluhannya di masayarakat apalagi sekarang jaman IT jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa komputer. Sehingga kita berharap agar pelatihan ini dapat diikuti dengan maksimal agar apa yang diberikan selama pelatihan dapat bermanfaat bagi peserta,” Pintanya.

Kades Lana juga berjanji kepada warganya yang mengikuti pelatihan, jika berhasil mengikuti pelatihan dan mampu untuk mengembangkan ilmunya pihaknya siap memfasilitasi untuk memberikan bantuan agar bisa dikembangkan.

” Dari 20 peserta yang ikut pelatihan menjahit, jika ada 5 sampai 10 orang yang berhasil, tahun depan akan kita bantu fasilitas menggunakan Dana Desa untuk mengembangkan keterampilannya,”ungkapnya.

Selain memberikan pelatihan, Pemerintah Desa lana juga memberikan bantuan perahu bagi warganya yang berprofesi sebagai Nelayan.

” Ada 14 unit kapal lengkap dengan mesinnya kita berikan kepada warga yang berprofesi sebagai Nelayan, Kita berharap bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan jangan disalah gunakan,” Harapnya.

Sementara itu Kadis PMD Kolaka Agus mengapresiasi, Pemdes Lana yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan bagi masyarakat. Apalagi untuk tahun ini ditengah pandemik jarang sekali desa melakukan kegiatan pelatihan akan tetapi desa Lana bisa menyiapkan dana dan melakukan itu.

Olehnya itu, dirinya berharap bisa menjadi motivasi bagi teman-teman desa yang lain agar bisa melaksanakan kegiatan serupa.

“Saya salut atas inisiatif beliau bisa memberikan pelatihan dan bantuan bagi warganya. Apalagi dimusim pandemik ini memang harus banyak kegiatan pemberdayaan agar roda perekonomian terus berjalan dengan baik. Sehingga diharapkan melalui bantuan ini akan menjadi solusi untuk meningkatkan pendapat perekonomian warga. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut juga dan bagi yang sudah ikut pelatihan bisa memberikan ilmunya kepada warga lain,” Pujinya.

Untuk diketahui, Pemdes Lana menggelontorkan anggaran Kegiatan Pelatihan Menjahit, Komputer dan Bantuan Kapal Nelayan melalui Dana Desa (DD) tahun ini sebesar Rp 256.666.000 juta.

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed