oleh

Laksanakan UTBK – SBMPTN 2020, USN Kolaka Terapkan Protokol Covid-19

Nasionalinfo.Com, Kolaka РSelaku penyelengara Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020, Universitas Sembilanbelas November  Kolaka menerapkan protokol kesehatan bagi peserta saat mengikuti ujian tersebut.

Pelaksanaan tahap pertama UTBK SBMPTN 2020 ini diselenggarakan serentak dibeberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Adapun USN Kolaka sendiri dalam melaksanakan UTBK tersebut menggelar dua sesi, dimana untuk sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 Wita sampai 11.15 Wita, kemudian sesi kedua pukul 14.00 Wita sampai pukul 16.15 Wita.

dr. Azhari selaku rektor Universitas Sembilan Belas November turun langsung memantau pelaksanaan ujian tersebut yang di laksanakan mulai Minggu 5 Juli – 14 Juli di dampingi para panitia pelaksana ujian.

Ketgam : Rektor Azhari saat memantau langsung pelaksanaan UTBK – SBMPTN

Usai memantau pelaksanaa ujian, rektor Azhari di hadapan awak medai menjelaskan, bahwa USN menjadi salah satu tempat UTBK SBMPTN 2020 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK ini merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UTBK SBMPTN yang digelar ditengah pandemi Covid-19, mengharuskan peserta dan panitia mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti menjaga jarak, penggunaan masker, penyediaan fasilitas mencuci tangan dengan air mengalir.

“USN menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di setiap ruangan ujian,” ucap Azhari

Azhari mengaku jika, protokol kesehatan penanganan Covid-19 secara ketat diberlakukan bagi peserta dan panitia. Sebelum masuk ke dalam ruangan ujian, peserta menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan diwajibkan untuk mencuci tangan serta menggunakan masker. Saat berada di dalam ruangan, peserta duduk dengan menerapkan jaga jarak antar peserta lainnya.

Azhari menyebutkan peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN 2020 di kampus merah marun ini sebanyak 953 orang peserta. Dari jumlah peserta tersebut yang mengikuti UTBK SBMPTN di USN ini tidak semuanya memilih USN sebagai kampus tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

“Ada yang memang memilih perguruan tinggi lain hanya ikut ujian di USN. Begitu juga yang tes di perguruan lain, ada yang memilih USN,” jelasnya.

Sementara itu, peserta yang mendaftar memilih USN sebagai perguruan tinggi negeri pilihan pada jalur SBMPTN ini sebanyak 1.196 orang. Kata dia, terdiri dari peserta yang memilih USN sebagai perguruan tinggi pilihan pertama sebanyak 556 orang dan pilihan kedua sebanyak 640 orang.

“Jumlah pendaftar tersebut, tersebar di 27 provinsi di Indonesia,” tambahnya.

Untuk diketahui Pada penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2020 kali ini, pihak kampus menyediakan 75 unit komputer terbagi dalam tiga ruangan, masing-masing ruangan terdiri dari 25 komputer. Dalam sehari, jumlah calon mahasiswa yang mengikuti UTBK SBMPTN 2020 sebanyak 150 orang.

 

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed