oleh

Kurangi Sampah Plastik, Bold Riders & Super Friends Kolaka Gunakan Daun Jati

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Upaya untuk mengurangi sampah plastik dilakukan oleh 5 komunitas yang tergabung dalam Bold Riders dan Super Friends. Hal tersebut terwujud pada momen Idul Adha 1442 H. Mereka menggunakan daun jati sebagai pembungkus paket daging kurban.

Koordinator Acara Heryanto Syafir mengatakan daun jati dipilih karena ramah lingkungan. Selain itu, di wilayah Kolaka sendiri, juga banyak terdapat pohon jati.

“Daun jati banyak sekali ditemukan di sini. Karena itulah kami sepakat untuk menggunakannya sebagai pembungkus paket daging kurban yang akan dibagikan ke warga. Apalagi dengan menggunakan daun jati, bisa mengurangi sampah plastik,” ucap Hery, sapaan Heryanto Syafir.

Hery menambahkan ada 3 komunitas Bold Riders Kolaka yang ambil bagian dalam kegiatan kurban ini yaitu YVC-I MK Kolaka, KKC, dan MVX. Sementara dari Super Friends Kolaka, terdapat komunitas pecinta alam Upala dan Super Music Kolaka.

“Sasaran kami adalah tuna wisma, janda, orang jompo, dan masyarakat kurang mampu di pemukiman kumuh, serta mereka yang belum atau jarang sekali mendapatkan paket daging kurban. Kebetulan teman-teman sudah memiliki data siapa saja yang berhak menerima paket daging kurban. Selain itu, kami juga akan membagikan masker dan mengedukasi para penerima daging kurban mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan 3M,” lanjut Hery.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Program sosial ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota

Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kota.

Tebar paket daging kurban inisiatif Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program yang melibatkan berbagai komunitas top seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah Oleh Komunitas Terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah Oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Laporan : Tim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed