oleh

Jahe Gajah Sumatera Diekspor Ke Pakistan

Nasionalinfo. Com, Belawan – Sesuai dengan namanya, jahe gajah memiliki ukuran relatif besar. Rimpangnya berbentuk tanduk rusa yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Jahe gajah memiliki rasa dominan hangat dan pedas, merupakan jenis jahe yang paling populer dan disukai di pasar internasional.

Orang Sumatera Utara menyebutnya dengan ‘halia’, banyak digunakan sebagai bumbu dapur yang memberikan rasa hangat dan pedas pada setiap masakan khas Sumatera. Tidak hanya untuk bumbu masak, jahe ini juga bermanfaat bagi kesehatan, dari mencegah mual hingga kanker.

Kepala BBKP Belawan Hasrul mengatakan, Pakistan yang terkenal dengan aroma rempah-rempah pada setiap masakannya, mengimpor jahe segar asal Kabupaten Simalungun berjumlah 27000 kg.

“Setelah melalui rangkaian proses pemeriksaan Karantina Pertanian Belawan, jahe segar asal Simalungun, milik CV. IBR dipastikan sehat, aman untuk dikonsumsi, dan telah memenuhi persyaratan ekspor negara tujuan.
Ekspor jahe telah memberikan kontribusi langsung kepada pendapatan petani jahe di Sumatera Utara”.ucapnya. Senin 15/7/19

Kepala BBKP juga menghimbau agar setiap pengiriman dilaporkan kepada petugas Karantina Pertanian.

“Jangan lupa ya, lalu lintas pengirimannya dilaporkan kepada petugas karantina pertanian.”Pungkasnya

Laporan : Surya Atm
Editor : Redaksi

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed