oleh

Bupati Kolaka Resmikan Command Centre & Lounching Aplikasi Sidarsi Eppid Kongga

Nasionalinfo.com, Kolaka– Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka mengadakan peresmian Command Centre sekaligus launching aplikasi Sidarsi Eppid Kongga sebagai upaya pengembangan pengelolaan sistem informasi dalam pengambilan keputusan secara optimal di ruang lingkup kabupaten Kolaka.

Peresmian tersebut diadakan diruangan Command centre Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kolaka ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei, Senin (1/7/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Kolaka, I Nyoman Suastika mengatakan, Command Centre itu merupakan suatu sarana atau struktur jaringan yang dilengkapi audio visual sehingga semua kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat dapat disampaikan melalui Command Centre dengan melalui aplikasi tersebut.

I Nyoman menambahkan, terkait dengan program dan kegiatan OPD kita siapkan aplikasi bernama Sidarsi. Aplikasi Sidarsi ini dapat menampung segala data baik informasi maupun dokumentasi yang berada di OPD termasuk di 12 Kecamatan di Kabupaten Kolaka.

“Selain itu kita juga sementara membangun aplikasi portal desa, yang bertujuan memuat kegiatan-kegiatan maupun potensi- potensi yang berada di tiap desa. Sekaligus mengkaper administarsi desa seperti Anggaran Dana Desa (ADD), menjadi satu kesatuan dan terintegrasi dengan melalui Command Centre. ” ungkapnya.

Dia menuturkan, Nantinya Dinas Komunikasi dan informatika akan dijadikan sebagai wali data yang terupdate dan dapat menampung segala aktifitas baik dalam bentuk informasi, dokmentasi yang berada di OPD secara berkala.

I Nyoman juga berharap, semoga hadirnya aplikasi command centre tersebut, dibutuhkan adanya dukungan baik dari rekan-rekan OPD, media sehingga Kabupaten Kolaka kedepan menjadi kota yang transparansi.

Sementara itu, kepala Diskominfo Sulawesi Tenggara Syaifullah kepada awak media mengatakan Command Centre adalah suatu jembatan untuk memantau dan monitoring pergerakan, pertama yaitu kegiatan OPD atau SKPD, kedua adalah kegiatan Pengaduan masyarakat, ketiga adalah kegiatan Swasta.

Selain itu, Kadis Diskominfo Sultra sangat mengapresiasi dengan Launchingnya Command Centre di kabupaten kolaka, ini menandakan Sulawesi Tenggara akan lebih maju berkembang tentang Informasi dan komunikasi.

” Pak Gubernur sangat mengapresiasi, dari 17 Kabupaten Kota termasuk Provinsi, baru kabupaten kolaka yang Launching.” ucap Syaifullah

Dirinya juga berpesan kepada Bupati kolaka agar proyek ini di bantu anggaran, jangan Sampai habis Launching berhenti. Command Centre sangat berguna dimana pak Bupati bisa memantau seluruh kegiatan kegiatan yang ada dikabupaten kolaka, Khususnya obyek obyek Vital.

” Salah satu contoh misalnya menghadapi hari raya idul fitri, jadi pak Bupati tidak perlu turun melihat di Pelabuhan,bagaimana Aktifitas Penumpang kapal. Semua akan terjawab dengan menggunakan CCV dan itu terpantau selama 24 jam.” tutup Syaifullah

Penulis : Egan Tetambe
Editor : Andri Ovianto

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed