oleh

Forkom PPM Sabilambo Semprot Disinfektan & Racik Hand Sanitizer Dari Bahan Herbal

Nasionalinfo.Com, Kolaka – Upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di kabupaten kolaka sultra, gencar dilakukan. Selain dengan memberikan imbauan, aksi juga digelar dengan menyemprotkan cairan disinfektan di fasilitas umum seperti mesjid kantor pelayanan masyarakat (Kelurahan) rumah warga tak penting pula toko/kios yang tempat keseharian orang berbelanja secara bergantian.

Pemuda Kelurahan Sabilambo yang tergabung didalam Forum Komunikasi Pemuda Pemerhati Masyarakat Sabilambo yang dikenal dengan (FORKOM-PPM SABILAMBO) kompak turun ke rumah ibadah/mesjid, kantor kelurahan dan Toko/kios untuk melakukan penyemprotan disinfektan demi memutus mata rantai penularan covid-19.

Selain itu, mereka juga membuat handsanitezer dari bahan alami yang terbuat dari daun sirih dan jeruk nipis untuk di siapkan di depan pintu masuk rumah ibadah (Mesjid) agar setiap orang yang sebelum masuk ibadah sekiranya dapat membersihkan tangannya terlebih dahulu dengan handsanitizer herbal yang mereka sudah buat.

” Kegiatan ini untuk mencegah wabah masuknya Covid-19, dilakukan secara bersama untuk anggaran tidak ada, sebab ini bentuk swadaya dari pemuda pemerhati masyarakat sabilambo. Kami bernisiatif menyemprotkan disinfektan pada mesjid dan toko/kios yang ada di sekitar wilayah sabilambo, karena wilayah sabilambo salah satu pintu gerbang dilalui masuknya orang di pusaran kota kolaka,” ucap Hasdib Yasdin. Minggu 5/4/2020.

Lanjut Kordinator FORKOM-PPM Sabilmbo Hasdin Yadin menjelaskan, penyemprotan Disinfectant direncanakan hanya untuk dibeberapa titik yang ada dikelurahan sabilambo, akan tetapi setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan, penyemprotan akan dilakukan hingga kerumah-rumah warga.

” Awalnya rencana penyemprotan hanya di tempat-tempat umum, sekolah dan tempat ibadah, akan tetapi setelah Pak Lurah Sabilambo Hasmadi Hamara. SE melakukan koordinasi ke pihak Puskesmas Kecamatan Kolaka, Alhamdulillah ada bantuan kaporit untuk titik penyemprotan akan dilakukan hingga kerumah-rumah warga,” jelas Hasdin Yadin.

Sementara itu Salah satu Pemuda Sabilambo, Ali Akbar menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh kawan-kawan pemuda pemerhati masyarakat sabilambo tersebut, mampu meredan kekhawatiran masyarakat setempat terhadap ancaman virus yang belakangan ini mewabah di sebagian wilayah Indonesia. Namun Tidak terlepas tetap mentaati himbauan pemerintah demi saling menjaga keselamatan bersama.

Ditempat yang Andrian H. Saide juga menyampaikan, dengan adanya kegiatan itu bisa menjadi peringatan kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan serta pola hidup yang sehat.

“ Kegiatan seperti ini bisa mengajak masyarakat untuk waspada sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati,” ungkapnya

 

Laporan : AO

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed