Spesifikasi Kendaraan Yang Cocok Gunakan Pertalite
Spesifikasi Kendaraan Yang Cocok Gunakan Pertalite
Posted by

Spesifikasi Kendaraan Yang Cocok Gunakan Pertalite

Pertamina menghadirkan Pertalite sebagai upaya memenuhi kebutuhan pengendara yang menginginkan BBM yang lebih baik namun harga relatif terjangkau. Namun, ada beberapa jenis dan tipe kendaraan yang “berhak dan tepat” untuk mengonsumsi bensin RON 90 tersebut.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina saat peresmian pengisian perdana Pertalite di SPBU COCO 31.102.02 Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, pada Jumat 24/07/2015 menyatakan, beberapa kendaraan yang disarankan mengisi bahan bakar jenis Pertalite.

“Pada dasarnya bensin ini dibuat untuk memenuhi spesifikasi teknologi kebanyakan mobil-mobil masa kini. Seperti MPV kelas menengah, cocok menggunakan Pertalite. Misalnya Avanza, Mobilio atau sepeda motor matik seperti Mio atau Vario,” kata Dwi.
Kompresi

Pada kesempatan yang sama, Dosen Teknik Mesin ITB Tri Yuswidjajanto, sebagai tim peneliti Pertalite, mengatakan bahwa ada kriteria khusus, dilihat dari rasio kompresi mobil atau sepeda motor.

“Menggunakan bahan bakar memang harus disesuaikan dengan rasio kompresi. Terlalu rendah spek bahan bakar akan berkurang tenaganya, kalau terlalu tinggi juga tidak maksimal,” ujar Yus, panggilan Tri Yuswidjajanto.

Lebih detail, Yus mengatakan bahwa RON 88 hanya untuk kendaraan berasio kompresi 9 ke bawah. Pertalite RON 90 untuk kendaraan berasio kompresi 9-10. Di atas itu, 10-11, cocok pakai RON 92. Sedangkan rasio kompresi 11-12 lebih pakai RON 95.

Sementara rata-rata rasio kompresi mobil atau sepeda motor saat ini ada di kisaran rasio kompresi 9-11. (sumber otomania)

baca juga:

0 1 1573 30 July, 2015 Jakarta, Ragam July 30, 2015

Facebook Comments