Pohon Kurma Yang Berbuah Di Masjid AL Barkah Bekasi Untuk Berbuka Puasa
Pohon Kurma Yang Berbuah Di Masjid AL Barkah Bekasi Untuk Berbuka Puasa
Posted by

Pohon Kurma Yang Berbuah Di Masjid AL Barkah Bekasi Untuk Berbuka Puasa

Bulan Ramadan 1436 Hijriyah membawa berkah, khususnya bagi Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pasalnya, beberapa pohon kurma di serambi masjid tersebut berbuahkembali tahun ini.

Sejak 2006 pelataran masjid di Jalan Veteran Nomor 46, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan ini ditanam 10 pohon kurma. Pohon-pohon tersebut didatangkan dari perkebunan kurma yang berlokasi di Malingping, Banten Jawa Barat.

Selama setahun setelah ditanam, pemilik kebun ikut membantu proses pemeliharaan, sambil mengajarkan teknik merawat pohon kurma kepada pengurus masjid Al Barkah. Hasilnya, salah satu pohon sudah empat kali berbuah dan empat kali dipanen.

Pohon itu terletak di sisi kiri pintu keluar masjid sebelah utara. Pohon setinggi enam meter lebih itu hasil panenannya mencapai dua kilogram lebih. Buahnya pun dinikmati pengunjung masjid ketika berbuka puasa.

Satu pohon lagi berada di tengah, persis di hadapan masjid. Pohonnya pendek, namun buahnya banyak. Sejak ditanam, pohon itu sudah empat kali panen. Jika berhasil sampai matang, Masjid dan pohon pohon kurma tersebut sekarang sudah hampir menjadi ikon kota bekasi. Karena banyaknya pengunjung Masjid yang datang dari berbagai daerah di Bekasi sampai dari luar daerah Bekasi.

Selain itu, keberadaan pohon kurma di Masjid Al Barkah ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat di bulan Ramadan. Sambil menunggu berbuka puasa, mereka melihat pohon kurma yang berbuah, tak jarang mereka mengabadikan foto buah kurma menggunakan kamera telepon seluler.

“Iya, pohonnya berbuah. Padahal ditanamnya di Indonesia seperti di Bekasi ini. Subhanallah, bisa berbuah,” ungkap pengunjung, Hamzah (30).

Kendati pohonnya masih pendek, pengurus masjid melindungi buahnya menggunakan jaring kawat persis di bawahnya. Ini dilakukan agar buah tak diambil oleh pengunjung maupun warga lainnya yang iseng sebelum buahnya benar-benar masak.

Menurut dia, pohon kurma di Masjid Al Barkah mulai berbuah tiga bulan menjelang Ramadan, sementara panennya yakni ketika bulan puasa. Sehingga hasil panennya pun dapat dinikmati masyarakat yang berbuka puasa di masjid Al Barkah.

Dia menambahkan sejauh ini perawatan pohon kurma ini cukup sulit. Selain perlu diberikan vitamin di akarnya, pohon kurma ini juga tidak boleh disiram air.

baca juga:d

0 2 2057 07 July, 2015 Jabar, Jakarta, Ragam July 7, 2015

Facebook Comments