Gunung Raung Kembali Meraung, Penduduk Sekitar Khawatir
Gunung Raung Kembali Meraung, Penduduk Sekitar Khawatir
Posted by

Gunung Raung Kembali Meraung, Penduduk Sekitar Khawatir

Warga di Kecamatan Sumberjambe, Jember, Jawa Timur, resah setelah status Gunung Raung naik dari waspada menjadi siaga. Mereka khawatir awan panas dan hujan abu vulkanik mengancam keselamatan warga sekitar.

Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, menjadi salah satu tempat yang berpotensi terkena guguran awan panas erupsi Gunung Raung. Desa dengan penduduk sekitar 5.000 jiwa itu hanya berjarak 7 Km dari puncak Gunung Raung.

Warga mengaku merasakan gejolak Gunung Raung dalam sepekan terakhir, bunyi gemuruh terdengar getaran pun terasa hampir setiap malam.

“Tadi malam, jam 10, kelihatan keluar api yang menyembur keluar dari puncak Gunung,” ungkap warga Desa Rowosari yang menyaksikan kejadian tersebut pada Senin 29/06/2015.

Kekhawatiran disampaikan para warga yang juga menetap di Desa Rowosari. Mereka khawatir aktivitas Gunung Raung menimbulkan banjir lahar dingin yang mengancam desa dan keselamatan para warganya, juga bisa merusak tanaman juga ternak warga.

“Bunyinya makin lama makin sering terdengar. Keras. Menggelegar bagaikan petir yang sedang menyambar,” pungkas para warga Desa Rowosari. (Djay)

baca juga:

0 1 807 29 June, 2015 Jatim, Ragam June 29, 2015

Facebook Comments