Sri Sultan HB X Akan Keluarkan Sabda Raja
Sri Sultan HB X Akan Keluarkan Sabda Raja
Posted by

Sri Sultan HB X Akan Keluarkan Sabda Raja

Dengan mengenakan pakaian kebesaran warna hitam dan kuluk biru Sri Sultan HB X memasuki Siti Hinggil kompleks Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.50 pagi, Selasa 05/05/2015.

Belum diperoleh informasi acara apa yang akan digelar di dalam Siti Hinggil. Besar kemungkinan acara yang digelar berkaitan dengan pro-kontra pasca-Sultan HB X mengeluarkan sabda raja.

Sebelumnya diberitakan Sultan HB X mengeluarakan Sabdaraja, yang salah satu isinya terdapat perubahan nama dan gelar Raja Kasultanan Yogyakarta.

Hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di internal keraton dan masyarakat.

Sebelumnya, Sri Sultan pada Kamis 30/04/2015, mengeluarkan Sabdaraja di Siti hinggil. Di lokasi yang sama, pada 7 Maret 1989 ia dinobatkan sebagai Raja.

Acara adat ini, juga dihadiri para kerabat Keraton, sang Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, putri dalem, para sentono dalem, dan abdi dalem.

Sementara itu, menantu Sultan Hamengku Buwono X, KPH Purbodiningrat menyatakan berkait dengan Sabdaraja yang baru saja dikeluarkan, dalam waktu dekat pihak Keraton akan memberikan penjelasan mengenai Sabdaraja.

“Meskipun saat ini telah beredar beberapa informasi yang terkait Sabdaraja, tetapi informasi tersebut beredar secara sepenggal-sepenggal yang bisa saja bias dan masyarakat tidak bisa memahami secara utuh dan jelas,” ujarnya.

Terkait dengan pro kontra yang saat ini muncul di tengah masyarakat paska Sabdaraja, suami dari GKR Maduretno tersebut menganggapnya sebagai sebuah hal yang wajar dan sebaiknya masyarakat menunggu penjelasan dari pihak Keraton.

Terkait dengan kebijakan Sultan Hamengkubuwono X mengeluarkan Sabdaraja, KPH Purbodiningrat menyatakan tidak ada pembicaraan terlebih dahulu di internal keraton sebelum Sabdaraja tersebut.

Menurutnya hal tersebut merupakan hak prerogatif Raja, dan keluarga hanya mendukung dan menyiapkan keperluan dalam prosesi Sabdaraja.

Lebih lanjut dia menyatakan, memberikan surat pemberitahuan kepada Menteri Dalam Negeri adalah poin penting yang harus dilakukan paska keluarnya Sabdaraja karena adanya perubahan di dalam internal Keraton yang harus diketahui pemerintah pusat. (Hamim)

baca juga:

0 1 1067 05 May, 2015 Jakarta, Jateng, Jogja, Ragam May 5, 2015

Facebook Comments