PNS Bisa Gunakan Fasilitas Hotel Kembali, Pendapatan Hotel Meningkat
PNS Bisa Gunakan Fasilitas Hotel Kembali, Pendapatan Hotel Meningkat
Posted by

PNS Bisa Gunakan Fasilitas Hotel Kembali, Pendapatan Hotel Meningkat

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) untuk hotel kembali meningkat pada Maret 2015. Hal ini berhubungan dengan kebijakan pemerintah terkait pelonggaran aturan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk berkegiatan di hotel.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat TPK hotel berbintang pada Maret di 27 provinsi mencapai rata-rata 49,13% atau naik 1,54 poin dibandingkan Februari 2015. Meskipun secara year on year (yoy) masih turun 2,16 poin.

“TPK hotel berbintang sudah meningkat pasca aturan baru dari pemerintah soal aktivitas PNS yang sedikit longgar untuk berkegiatan di hotel,” ungkap Kepala BPS Suryamin di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin, 04/05/2015.

Menurut Suryamin, dampak dari kebijakan tersebut memang langsung dirasakan sektor usaha. Walaupun ada berbagai syarat oleh PNS sebelum bisa berkegiatan di hotel.

“Jadi langsung ada peningkatan, walaupun cuma sedikit diperlonggar,” imbuhnya.

Suryamin menilai hal ini bisa mendorong sektor perhotelan bisa kembali tumbuh dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Jadi kebijakan ini penting karena akan menghasilkan nilai tambah. Tidak hanya hotel dan subsektor hotel juga,” sebut Suryamin.

TPK tertinggi adalah di Sulawesi Tengah sebesar 58,55%. Kemudian Kalimantan Timur 57,79% dan DKI Jakarta 56,82%. Terendah ada di Gorontalo dengan capaian 24,63%.

Hunian paling tinggi adalah hotel bintang 5 dengan 55,76% dan bintang 4 dengan 51,87%. Selanjutnya adalah bintang 3 dan 2 yang masing-masing 48,35% dan 45,36% serta bintang satu hanya 33,91%. (Maikel)

baca juga:

Facebook Comments