Mario Steven Ambarita Penyusup Roda Pesawat Normal Kejiwaannya
Mario Steven Ambarita Penyusup Roda Pesawat Normal Kejiwaannya
Posted by

Mario Steven Ambarita Penyusup Roda Pesawat Normal Kejiwaannya

Polda Riau telah selesai melakukan pemeriksaan psikologis terhadap Mario Steven Ambarita (21). Hasilnya tersangka penyusup ke roda pesawat Garuda Indonesia itu normal.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Selasa 28/04/2015. Menurut Guntur, hasil pemeriksaan psikologis menunjukkan bahwa kondisi Mario dalam kategori normal dan memiliki orientasi ruang dan waktu yang wajar.

Selain itu, lanjut Guntur, potensi intelektual berfungsi dalam taraf di bawah rata-rata dan ada indikasi gangguan perasaan (mood). Karenanya hal itu membuat perilaku Mario kurang terkontrol dan bersifat responsif atau spontan belum didasari pertimbangan yang rasional.

“Namun demikian Mario masih dapat mempertanggungjawabkan terhadap perbuatan yang disangkakan,” kata Guntur.

Mengingat kondisi tersebut, lanjut Guntur, maka Polda Riau menyarankan dicarikan pemeriksa yang senior yang sabar dan memahami kondisi untuk men-support Mario dan memperlancar proses pemeriksaan.

“Selama dalam penyidikan Mario supaya sering diawasi dan dijauhkan dari hal-hal yang membahayakan diri atau orang lain. Keluarga diberi pengertian untuk kooperatif dan supportif selama proses pemeriksaan,” kata Guntur.

Soal penanganan kasus Mario, lanjut Guntur, hal itu merupakan kewenangan penuh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kita sifatnya hanya sekedar koordinasi dan pengawasan saja. Penanganan perkaranya tetap di tangan PPNS Kemenhub,” tutup Guntur. (Chaidir)

baca juga:

0 1 757 28 April, 2015 Jakarta, Pekanbaru, Ragam April 28, 2015

Facebook Comments