Susah Menangis, Air Mata Astronot Menggumpal
Susah Menangis, Air Mata Astronot Menggumpal
Posted by

Susah Menangis, Air Mata Astronot Menggumpal

Di luar angkasa, banyak hal yang menghambat gerak dan aktivitas para astronot. Mereka memang mendapat kesulitan, sampai menangis pun tak bisa mereka lakukan.

Seorang astronot mendemonstrasikan bagaimana bentuk air mata saat mereka menangis di luar angkasa. Hal ini dipersembahkan NASA untuk sebuah acara bertajuk Comedy Central.

“Ini mungkin pertanyaan umum. Bisakah anda menangis di luar angkasa. apakah air mata bisa keluar saat berada di sana?” ujar Komandan Luar Angkasa NASA, Chris Hadfield membuka video eksperimennya, seperti dikutip Telegraph.co.uk, Sabtu 11/04/ 2015.

Menurut Hadfield, dia memang bisa menangis di stasiun luar angkasa walaupun hal itu akan membuatnya dalam masalah besar. Namun untuk membuktikan bagaimana susahnya menangis di luar angkasa, ia pun menggunakan air yang ditumpahkan ke atas matanya.

“Anda bisa lihat, semua air mengumpul di mata saya. Jika saya terus menangis, gumpalan air itu akan semakin membesar, lalu mengenai hidung dan mata anda yang sebelah lagi. Anda bisa menangis tapi air matanya tidak akan jatuh,” ujar Hadfield.

Semua ini, kata Hadfield, dikarenakan gravitasi nol yang ada di luar angkasa. Semua benda yang ada di tempat tersebut tidak bisa jatuh ke bawah dan mengambang begitu saja.

Setelah mengunggah video itu di Youtube dan menyebarkannya lewat Twitter, hashtag #AstronautProblem pun langsung menjadi trending topic. (Siti)

baca juga:

Facebook Comments