Meminimalisir Begal  Polda Metro Jaya Adakan Razia Besar Besaran
Meminimalisir Begal  Polda Metro Jaya Adakan Razia Besar Besaran
Posted by

Meminimalisir Begal Polda Metro Jaya Adakan Razia Besar Besaran

Polda Metro Jaya bersama jajaran Polres saat ini gencar melakukan patroli skala besar dengan melakukan razia terhadap para pengendara yang masih berkeliaran pada tengah malam hingga dini hari. Tak hanya surat kendaraan, tetapi barang bawaan pengendara juga akan diperiksa polisi.

“Jadi bukan hanya surat-surat kendaraan yang kita periksa, tetapi juga barang bawaannya. Kalau ada barang-barang yang membahayakan seperti senjata tajam, senjata api, narkoba, dan lain-lain, tentu akan kita razia,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Martinus Sitompul di Jakarta, Selasa 03/03/2015.

Patroli skala besar ini diyakini efektif dalam mencegah terjadinya tindak pidana, terutama pada malam hari hingga dini hari. Sebab dari razia, petugas kerap menemukan pengendara yang diduga melakukan tindak pidana.

“Dari 100 pengendara yang diperiksa, 10 orang di antaranya pasti kedapatan membawa senjata tajam atau peralatan yang diduga untuk kejahatan seperti kunci letter T, dan lain-lain,” ujar dia.

Martinus yakin peningkatan intensitas patroli sakala besar bisa mengurungkan niat pelaku kejahatan. “Jadi memang kegiatan patroli skala besar ini betul-betul efektif dalam menekan angka kejahatan konvensional, khususnya 3C (curas, curat dan curanmor),” tambahnya.

Di samping sebagai upaya preventif, dalam patroli skala besar juga dilakukan tindakan represif manakala ditemukan adanya pengendara atau orang yang diduga terlibat tindak pidana.

“Yang kedapatan membawa senjata tajam, senjata api, narkoba, bahan peledak dan juga barang-barang lain yang patut diduga alat dan atau hasil kejahatan dalam patroli skala besar ini tentu diproses secara peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

sumber mei/fdn.

baca juga:

0 1 884 03 March, 2015 Bali, Banjarmasin, Batam, Jabar, Jakarta, Jambi, Jateng, Jatim, Jogja, Kalimantan, Kupang, Lampung, Manado, Medan March 3, 2015

Facebook Comments