Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir
Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir
Posted by

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir, Seperti halnya kota Jakarta yang beberapa hari ini  lumpuh total akibat musibah banjir yang melanda setiap tahun memaksa para pemilik rumah meninggalkan huniannya ketempat lingkungan yang jauh dari terjangan banjir. Alhasil, rumah yang ditinggalkan memiliki persoalan tersendiri nantinya yang jadi pekerjaan melelahkan untuk membersihkannya.

Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan saat membersihkan rumah pasca banjir, sebab Anda sebaiknya menggunakan langkah tepat agar tidak menimbulkan dampak penyakit pasca banjir.

Jangan sisakan air yang tergenang

Setelah banjir surut ada beberapa bagian rumah yang masih tergenang air. Anda perlu menyedot air tersebut agar tidak timbul sarang penyakit. Setelah itu semprot rumah dengan selang berisi air bersih agar lumpur banjir tersapu dengan baik.

Menggunakan disinfektan.

Jika Anda merasa sudah membersihkan semua lantai dengan baik dan maksimal, namun bukan berarti tidak akan banyak bakteri yang muncul di dalam rumah Anda. Jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan. Sebaiknya Anda juga membersihkan rumah dengan menggosokkan cairan disinfektan yang sudah dicampur dengan satu galon air. Gosokkan pada bagian rumah yang sebelumnya terencam banjir seperti bagian dinding, lantai, perabotan rumah tangga dan sebagainya.

Membersihkan peralatan dapur

Jangan lupakan menilik bagian dapur Anda, terutama yang berbahan kaca, porselen, plastic sebaiknya direndam dalam cairan tersebut kurang lebih 10 menit. Cairan sebanyak 2 sendok makan dicampur dengan 1 air galon yang dipanaskan. Sedangkan perabotan yang berbahan perak, alumunium, logam sebaiknya direbus dalam waktu 10 menit dalam air mendidih.

Keringkan benda yang basah.

Barang-barang yang mudah basah seperti pakaian, selimut, handuk, bahan kain hendaknya dibersihkan dan dikeringkan segera. Cuci segera perabotan tersebut dengan sebelumnya direndam pada air panas untuk mengangkat kotoran dan mematikan bakteri. Bahan karpet juga sebaiknya dicuci menggunakan cairan disinfektan, kemudian dikeringkan dengan menjemur di bawah terik matahari atau gunakan vacum cleaner agar kering sempurna, jika tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sapu Bersih Jamur.

Jamur menjadi musuh utama saat perabotan dalam keadaan lembab, terutama yang terendam air selama berhari-hari. Anda bisa membersihkannya dengan spon atau kain basah yang sudah diberi cairan anti jamur.

baca juga:

Facebook Comments