Jangan Menyikat Gigi Setelah Makan, Kenapa ?
Jangan Menyikat Gigi Setelah Makan, Kenapa ?
Posted by

Jangan Menyikat Gigi Setelah Makan, Kenapa ?

Jangan Menyikat Gigi Setelah Makan, Kenapa ?, Menyikat gigi memang baik dilakukan setelah makan, agar bakteri dari sisa makanan tidak sempat menempel dan merusak gigi. Namun, sebaiknya beri jeda waktu sebelum Anda menyikat gigi, karena menyikat gigi langsung setelah makan justru bisa merusak gigi.

“Sikat gigi itu 15 atau 20 menit setelah makan. Berikan kesempatan kepada saliva (air liur) untuk membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan,” kata Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan jumat 30/01/2015.

Di dalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4.

Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan memengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Karena itu, sebaiknya tunggu 15 sampai 20 menit, sehingga pH saliva kembali normal.

Selain itu, langsung menyikat gigi setelah selesai makan juga dapat melemahkan email gigi. Terlebih lagi jika Anda usai mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Asam dapat ‘membakar’ enamel gigi dan lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Menyikat gigi di waktu yang salah, misalnya sebelum 20 menit setelah makan, dapat mendorong asam yang lebih tinggi pada gigi, yang menyebabkan korosi atau pengikisan terjadi lebih cepat dari pembusukan gigi.

“Sebaiknya selalu berkumur dengan air putih matang setiap kali selesai makan. Hal ini bisa mempercepat pH saliva dalam mulut kembali normal, sehingga tidak sempat melemahkan email gigi,”.

sumber cnn.

baca juga:

Facebook Comments